Sedang Viral di TikTok, Apa Itu Trend Mask Fishing?

Rabu 05 Oktober 2022, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - TikTok adalah aplikasi sosmed yang saat ini sering digunakan oleh banyak orang terutama kaum remaja. Beragam tren yang lucu dan inovatif sangat cepat sekali menjadi trending, salah satunya tren Mask Fishing yang kini sedang ramai.

Dikutip dari Suara.com, dibuat oleh banyak orang di TikTok, tak sedikit yang bertanya-tanya, apa itu mask fishing? Ini adalah istilah yang diambil dari bahasa Inggris, yang bila diartikan masing-masing, mask berarti topeng atau masker, sementara fishing adalah memancing. 

Jika digabungkan dan diartikan secara harfiah, mask fishing berarti memancing masker. Namun, jelas bukan itu arti dari maksud video-video yang beredar di TikTok.Mengutip dari New York Times, mask fishing merupakan bahasa gaul yang muncul sejak pandemi, yakni fenomena ketika orang lebih baik saat mengenakan masker.

Baca Juga :

Nantinya, beberapa orang bertanya kepada pengikut mereka apakah masker mereka menutupi fitur yang mungkin mereka anggap tidak menarik. 

Yang lain memiliki video yang menunjukkan bahwa masker mereka menyembunyikan banyak jerawat atau mengatakan bahwa bagian atas wajah mereka tidak cocok dengan bagian bawah.

Seperti dilansir Distractify, beberapa orang tidak percaya diri dengan penampilan mereka. Mereka mungkin merasa terlihat lebih baik dengan masker tetapi juga merasa seperti menipu siapa pun yang mereka temui secara langsung.

Misalnya, warganet bernama @vicityyy memposting video yang mengatakan bahwa seseorang pernah mengatakan kepadanya bahwa dia terlihat berbeda dari yang mereka kira tanpa maskernya. Sekarang, dia bilang dia "takut" mask fishing.

Beberapa postingan di tagar mask fishing juga lebih serius dan menampilkan orang-orang yang hanya ingin tahu. 

Banyak dari mereka yang lucu. Beberapa orang bertanya apakah mereka sedang mask fishing, tetapi kemudian melepas masker untuk mengungkapkan meme atau wajah konyol.

Namun adapula mereka yang ikut-ikutan tren ini, namun sama-sama terlihat menarik, baik tanpa masker atau melepas masker. Salah satunya adalah @tarankaaa yang langsung mendapatkan berbagai pujian dari warganet.

Asal Usul Istilah Mask Fishing

Awalnya kata tersebut merupakan peranakan dari istilah ‘catfishing’. Adapun catfishing merupakan bahasa gaul mengenai seseorang yang salah mengartikan identitas seseorang secara online. 

Istilah tersebut berawal dari film dokumenter berjudul Catfish pada 2010 lalu.

Mask fishing sendiri akhirnya dikenal seiring pandemi virus corona yang memaksa mereka menjalani karantina di rumah. Meski begitu,kencan online tetap populer. 

Orang-orang menggunakan berbagai aplikasi selama pandemi untuk berbicara dengan orang lain meskipun mereka tidak merasa nyaman untuk bertemu langsung. Dan memakai masker telah menjadi topik besar diskusi di sana.

Banyak orang, yang akhirnya lebih percaya diri dengan memakai masker ketika mencoba bertemu seseorang yang baru, karena bisa menutupi kekurangan mereka, bahkan akhirnya merasa lebih percaya diri dengan penampilannya saat menggunakan masker.

Baca Juga :

SUMBER: SUARA.COM

Writer : Ikbal Juliansyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi