Myers Briggs Type Indicator: Tes MBTI untuk Mengetahui Tipe Kepribadianmu

Minggu 02 Oktober 2022, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tes Kepribadian MBTI atau Myers Briggs Type Indicator merupakan uji kepribadian yang kerap kali digunakan oleh masyarakat di dunia. 

Melansir dari The Myers-Briggs Company, dalam waktu satu tahun terdapat hampir dua juta orang menyelesaikan tes tersebut. 

Hasil tes MBTI terkadang dijadikan acuan dalam menentukan pilihan hidup seseorang, padahal nyatanya hasil tes hanya menunjukkan preferensi kepribadian saja. Itulah mengapa setiap kali melakukan tes, hasil yang didapatkan cenderung berbeda. Menarik bukan?

photo(Ilustrasi) Kepribadian - (Freepik)</span

MBTI bermula dari Isabel Briggs Myers dan ibunya Katharine Cook Briggs pada awal pertengahan abad ke-20 di Amerika Serikat. 

Baca Juga :

Briggs terinspirasi dari Clearance Myer, calon suami Isabel yang memiliki cara pandang berbeda dalam melihat dunia. Hal tersebut membuat Briggs lantas tertarik untuk meneliti dan mengeksplorasi teori tipe kepribadian. 

Ketertarikan berlanjut dengan adanya penerbitan Psychological Types, buku karya Carl G Jung pada tahun 1921. Briggs dan Myers kemudian membaca buku tersebut dan menemukan bahwa teori Jung tentang kepribadian jauh lebih berkembang. 

Briggs dan Myers melihat kesamaan antara teori Jung dan dirinya sehingga ingin masyarakat mudah untuk mengakses ide mereka. 

Tes kepribadian biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi dilematisnya pemilihan karir. Tes ini dilakukan guna membantu seseorang dalam menentukan pekerjaan yang sesuai, baik dari segi lingkungan kerja, suasana, partner kerja, hingga jenis pekerjaan apa yang ingin dilakukan.

photoIlustrasi Wawancara Pekerjaan - (iStockphoto)</span

Tes kepribadian menjadi alat praktis untuk mengidentifikasi, mengenali, dan menganalisis pekerjaan yang memenuhi preferensi dirimu.

Adapun, tipe kepribadian MBTI terbentuk dari empat huruf yang berasal dari teori tipe psikologis Carl Jung dan terbagi menjadi empat dimensi, meliputi:

  • Cara memusatkan perhatian: Apakah kamu lebih fokus pada dunia sendiri atau justru dunia luar? Dimensi pertama dikenal dengan istilah Introvert (I) atau Extrovert (E).
  • Cara menerima informasi: Apakah kamu lebih fokus pada informasi dasar atau menambahkan makna dan menafsirkan? Dimensi kedua dikenal dengan istilah Sensing (S) atau INtuition (N).
  • Cara membuat keputusan: Apakah kamu pribadi yang konsisten dan melibatkan logika atau perlu melihat orang lain terlebih dahulu? Dimensi ketiga dikenal dengan istilah Thinking (T) atau Feeling (F).
  • Cara menghadapi dunia: Apakah kamu lebih suka memutuskan sesuatu atau tetap terbuka pada informasi baru? Dimensi terakhir ini dikenal dengan istilah Judging (J) atau Perceiving (P).

Hasil tes kepribadian MBTI yang kamu lakukan akan menunjukkan dirimu termasuk dalam tipe kepribadian yang seperti apa.

Tipe kepribadian yang dimaksud meliputi 16 kategori diantaranya: ESTJ, ENTJ, ESFJ, ENFJ, ISTJ, ISFJ, INTJ, INFJ, ESTP, ESFP, ENTP, ENFP, ISTP, ISFP, INTP & INFP. 

Baca Juga :

Hasil tes kepribadian juga akan dilengkapi dengan tokoh hingga rekomendasi pekerjaan yang sesuai dengan tipe kepribadianmu.

Menurut hasil tes kepribadian MBTI, kamu tidak hanya seseorang yang Ekstrovert atau Introvert saja, tetapi juga memiliki preferensi kepribadian lainnya. 

Untuk menemukan apa tipe kepribadianmu, kamu harus menggunakan alat tes kepribadian, salah satunya tes MBTI. Alat tes MBTI memuat berbagai pertanyaan yang akan merujuk pada tipe kepribadianmu.

Apakah kamu sudah pernah mencoba untuk melakukan tes kepribadian? Dan terpengaruh oleh hasil tes sehingga membatasi dirimu untuk melakukan sesuatu?

Jika iya, kamu harus mengetahui bahwa pada tes kepribadian ini ada hal penting harus digaris bawahi, yaitu hasil dari tes tersebut. Instrumen atau alat tes MBTI ini tidak mengukur sifat, karakter atau kemampuan seseorang. 

Instrumen ini hanya memilah preferensi atau kecenderungan seseorang terhadap sesuatu. Jadi, hasil tes ini tidak menentukan 100 persen hidupmu, karena segala pilihan tetap ada pada dirimu. 

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan hal yang tidak sesuai dengan tipe kepribadianmu karena segala keputusan ada di tanganmu.

Nah berbicara soal alat tes MBTI, saat ini sebagian orang mungkin mengenal MBTI online yang ternyata sudah diluncurkan pada tahun 2019 lalu. 

Tenang saja, MBTI online juga tersedia dalam bentuk gratis lho. Dan dibawah ini kami bagikan lima rekomendasi website untuk kamu yang ingin mencoba tes MBTI.

  1. https://www.16personalities.com/free-personality-test
  2. https://satupersen.net/quiz/tes-kepribadian-mbti
  3. https://tes.anthonykusuma.com/
  4. https://nsd.co.id/main/psikotesgratis
  5. https://personalityatwork.co/free-personality-test

Akan tetapi perlu diingat bahwa tes kepribadian MBTI ini hanya berfungsi untuk menganalisis secara parsial, sehingga tidak akan mempengaruhi kepribadian dirimu secara utuh. Jadi, jangan dijadikan tolak ukur hidupmu ya!

Baca Juga :

WRITER: NIDA SALMA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer