Apakah Asteroid Dapat Hancurkan Bumi? Begini Penjelasan dari Ilmuwan

Sabtu 01 Oktober 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah mendominasi Bumi selama lebih dari 160 juta tahun, dinosaurus akhirnya menemui ajalnya karena jatuhnya asteroid besar. 

Sekitar 66 juta tahun yang lalu, sebuah asteroid berukuran setidaknya 6 mil (10 kilometer) memberikan pukulan dahsyat bagi dunia dinosaurus, memicu gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan bencana iklim yang membuat setidaknya 75 persen dari semua makhluk hidup punah.

photoIlustrasi Bumi di Hantaman Asteroid - (Live Science)</span

Jika Asteroid pembunuh dinosaurus yang ditakuti saja tidak cukup untuk menghancurkan Bumi, bisakah batu ruang angkasa yang akan datang dapat menghancurkan planet biru ini? Jika iya, seberapa besar ukurannya?

Baca Juga :

Fakta Menarik Saturnus yang Disebut Sebagai Planet Terindah di Tata Surya

Baca Juga :

8 Fakta Uranus, Planet Terdingin di Tata Surya

Jawaban singkatnya adalah mungkin dibutuhkan batu sebesar planet untuk menghancurkan planet Bumi. Tapi itu akan memakan waktu lama.

"Sebuah objek yang lebih besar dari Mars menghantam Bumi pada awal sejarahnya dan membuat bulan, tanpa menghancurkan Bumi," Brian Toon, seorang profesor ilmu atmosfer dan kelautan di University of Colorado Boulder yang telah mempelajari dampak asteroid, mengatakan kepada Live Science dalam sebuah surel.

Toon mengacu pada hipotesis dampak raksasa - sebuah teori ilmiah yang menunjukkan sebuah planet seukuran Mars bernama Theia bertabrakan dengan Bumi 4,5 miliar tahun yang lalu, meluncurkan salvo puing-puing berbatu ke luar angkasa yang akhirnya bergabung ke bulan. Perlu diketahui planet Mars berukuran sekitar 4.200 mil, atau lebar 6.700 km, 500 kali lebih lebar dari Asteroid pemusnah dinosaurus.

Alih-alih melenyapkan planet Bumi, para ilmuwan berteori bahwa bagian inti dan mantel Theia menyatu dengan Bumi

Para ahli tidak setuju apakah tabrakan kuno tersebut terjadi secara langsung atau hanya pukulan sekilas, tetapi tidak ada keraguan jika ada sesuatu yang hidup di Bumi pada saat itu, maka tabrakan tersebut dapat memusnahkannya.

Para ilmuwan berpikir kehidupan bisa muncul sedini 4,4 miliar tahun yang lalu, beberapa juta tahun setelah dampak Theia.

NASA menganggap setiap batu ruang angkasa sebagai potensi bahaya jika berdiameter setidaknya 460 kaki (140 meter) dan mengorbit dalam jarak 4,6 juta mil (7,4 juta km) dari Bumi. Dampak dari batu semacam itu bisa menyapu bersih seluruh kota dan menghancurkan tanah di sekitarnya.

Gerrit L. Verschuur, astro fisikawan di Rhodes College, Memphis, Tennessee, mengatakan, jika Bumi bertabrakan dengan Asteroid yang lebih besar, berukuran setidaknya 0,6 mil lebar (1 km), mungkin akan memicu akhir peradaban dengan melepaskan bencana iklim global.

Dan jika penabrak seukuran asteroid pembunuh dino tiba hari ini, itu mungkin akan membuat manusia dan spesies lain yang tak terhitung jumlahnya punah.

photoIlustrasi Asteroid - (Diario Uno)</span

"Secara garis besar, dampak awal menciptakan bola api besar yang membunuh siapa saja yang bisa melihatnya," kata Verschuur. 

"Kemudian debu dari tumbukan dan asap dari kebakaran menyelimuti Bumi, menjerumuskan planet kita ke dalam apa yang disebut musim dingin tumbukan."

Akibat bencana iklim ada begitu banyak penderitaan di Bumi, seperti dampak polusi dan gas berbahaya yang menutupi langit, sehingga tanaman tidak dapat lagi mengubah sinar matahari menjadi energi melalui fotosintesis. 

Kehidupan tumbuhan akan binasa di seluruh dunia dan hewan akan segera mengikutinya. 

Dapat dimengerti,mengapa NASA dan badan antariksa lainnya menanggapi ancaman dampak Asteroid dengan sangat serius, memantau dengan cermat ribuan penabrak potensial di tata surya kita. 

Berita baiknya adalah, tidak ada ancaman asteroid yang berpotensi berbahaya mencapai planet kita setidaknya selama 100 tahun ke depan.

Dan, jika batu ruang angkasa yang berpotensi berbahaya tiba-tiba berubah arah dan membuat planet kita terlihat, NASA sedang menguji rencana untuk menghadapinya. 

Pada 26 September, badan antariksa itu menabrakkan roket tanpa awak ke asteroid selebar 525 kaki (160 m) yang disebut Dimorphos, dengan harapan sedikit mengubah lintasan batu ruang angkasa.

Untungnya, Dimorphos tidak menuju ke Bumi. Tetapi melalui misi Uji Pengalihan Asteroid Ganda (DART), NASA berharap untuk menguji apakah menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid adalah sarana pertahanan planet yang layak untuk ketakutan dampak asteroid di masa depan.

Baca Juga :

Sederet Fakta Menarik Merkurius, Planet yang Paling Dekat dengan Matahari

Baca Juga :

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

5 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 5 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist