Light Dark

No-Fly Zones, Inilah 7 Tempat yang Tidak Boleh Dilintasi Pesawat

Travel | 22 Sep 2022, 21:00 WIB
No-Fly Zones, Inilah 7 Tempat yang Tidak Boleh Dilintasi Pesawat | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Walaupun Pesawat dapat membawa manusia terbang ke berbagai belahan dunia, ternyata ada beberapa tempat yang tidak boleh dilintasi, yang disebut sebagai ‘No-Fly Zones’.

Zona larangan terbang tersebut ada karena banyak alasan khusus, mulai dari agama, lingkungan hingga sejarah atau bahkan politik.


Advertisement

Dirangkum oleh Suara.com dari The Sun, berikut tujuh tempat yang tidak boleh dilintasi Pesawat beserta alasannya.

Baca Juga :

1. Makkah

photo Kabah di Mekah Arab Saudi - (istimewa)

Terkenal sebagai tujuan akhir ziarah haji dan pusat agama Islam serta sejarah yang sangat penting, tidak ada Pesawat penumpang yang diizinkan terbang di atas Makkah, terutama di area Ka'bah.


Advertisement

Jika penumpang atau pilot terbang di atas tempat ini, mereka dapat menghadapi sanksi dan denda juga.

2. Disney Park

photoDisneyland di California - (via: businessinsider)

Sesuai laporan, setelah 9/11, beberapa tempat wisata, termasuk Taman Disney, meningkatkan keamanannya untuk memastikan keselamatan para pengunjung. 

Dilaporkan, tidak ada Pesawat yang diizinkan terbang dalam jarak 3000 kaki dari Disneyland di California atau Walt Disney World di Florida. 

Meskipun awalnya merupakan larangan sementara, aturan tersebut menjadi permanen pada tahun 2003.

3. Machu Picchu

photoMachu Picchu - (via: wikipedia)

Sesuai laporan, Pesawat saat ini dilarang terbang di atas wilayah Machu Picchu. Langkah ini diambil untuk menjaga daerah bersih dari polusi sebanyak mungkin sebab signifikansi sejarah dan budaya tempat ini tidak dapat diabaikan, serta melindungi jumlah kehidupan liar dan tumbuhan langka yang hanya tumbuh di Machu Picchu.

Dikhawatirkan pula jika sebuah Pesawat memerlukan pendaratan darurat atau kecelakaan di sini, itu akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada ekosistemnya.

4. Pegunungan Tibet

photoPegunungan Tibet - (via: tibetpedia)

Tibet dianggap sebagai salah satu daerah yang paling tinggi di dunia, dengan ketinggian rata-rata di wilayah tersebut mencapai sekitar 16.000 kaki. 

Meskipun sebagian besar Pesawat komersial mampu terbang di ketinggian di atas pegunungan, rute penerbangan biasanya menghindari pegunungan tinggi di area tersebut demi keselamatan penumpang.

5. Istana Buckingham

photoIstana Buckingham - (Instagram/@theroyalfamily)

Istana Buckingham dikenal sebagai salah satu daerah terpenting di Inggris Raya dan berfungsi sebagai kediaman raja ketika berada di London.

Ini juga berfungsi sebagai markas administrasi. Karena pentingnya istana ini, zona larangan terbang dilembagakan untuk memastikan keamanan raja.

Selain itu, Pesawat juga tidak diizinkan terbang di atas Kastil Windsor untuk memastikan keselamatan keluarga kerajaan.

Beberapa tempat penting lainnya yang memiliki zona larangan terbang di Inggris adalah Downing Street Nomor 10, Gedung Parlemen, dan juga kediaman resmi Perdana Menteri Inggris.

6. Taj Mahal

photoTaj Mahal  - (AP Photo)

Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu arsitektur paling ikonik dan terindah di dunia. Dibangun dari tahun 1632 hingga 1653, UNESCO mengakui pentingnya bangunan tersebut dan menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1983.

Pemerintah India menetapkan zona larangan terbang di wilayah tersebut pada tahun 2006 terutama untuk melindungi bangunan tersebut. dan jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

7. Pulau Merritt, AS

photoPulau Merritt, AS - (via: wikipedia)

Meski di sini mungkin melihat roket lepas landas, ada larangan terbang 5.000 kaki di atas pulau yang merupakan rumah bagi Pusat Antariksa Kennedy NASA.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM 

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah