Light Dark

Alami Fobia Sosial? Berikut 6 Cara Mengatasinya

Gaya Hidup | 22 Sep 2022, 11:45 WIB
Alami Fobia Sosial? Berikut 6 Cara Mengatasinya | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Fobia Sosial atau bisa disebut juga social anxiety, merupakan situasi seseorang yang mengalami Kecemasan atau gugup ketika berhadapan dengan banyak orang.

Gangguan Kecemasan itu biasanya akan membuat penderitanya selalu menarik diri dari lingkungan sosialnya. Secara tidak langsung pengidap Fobia Sosial akan menghambat rutinitasnya sehari-hari.


Advertisement

photoIlustrasi Sering Merasakan Kecemasan - (Unplash.com)

Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu, seperti dilansir  Cleveland Clinic oleh Tempo.co, inilah beberapa cara untuk mengatasi Kecemasan sosial.

Baca Juga :

1. Berlatih Berbicara di Depan Umum

Bagi Anda yang memiliki gangguan Kecemasan sosial ringan hingga sedang, mungkin hal itu tidak terlalu menyebabkan serangan panik sehingga menemukan cara untuk berlatih berbicara di depan umum adalah pendekatan yang baik.


Advertisement

2. Cobalah Terapi Perilaku Kognitif

Di antara berbagai jenis psikoterapi yang tersedia, terapi perilaku kognitif yang melibatkan perubahan cara berpikir dan perasaan tentang suatu situasi dapat membantu mengubah perilaku dan membantu untuk mendekati Kecemasan sosial.

3. Cobalah Perkenalkan Diri pada Situasi yang Memicu Kecemasan Secara Bertahan

Identifikasi situasi sosial tertentu yang ditakuti dan tingkatkan dari skenario yang lebih mudah ke skenario yang lebih sulit sambil mempraktikkan teknik relaksasi sehingga Anda dapat menoleransi kecemasan. Misalnya, jika takut pada kelompok besar, lebih sering menghindari aktivitas kelompok, mulailah dengan pergi keluar bersama teman satu lawan satu, lalu dengan kelompok kecil hingga terbiasa.

4. Meminta Bantuan

Mungkin memalukan untuk mengakui kepada orang-orang terdekat bahwa Anda cemas dalam situasi sosial dan mungkin membutuhkan bantuan. 

Namun, memberi tahu teman atau orang yang dicintai jika memerlukan dukungan ekstra dapat menjadi dorongan besar.

5. Cobalah Menghargai Apa yang Dimiliki

Menurut Verywellmind, meskipun telah diperlakukan dengan buruk dalam social anxiety, mungkin ada banyak hal dalam hidup yang bisa disyukuri. Luangkan waktu untuk mengungkapkan rasa syukur atas apa yang dimiliki.

6. Tertawa

Terkadang orang dengan Fobia Sosial menghabiskan begitu banyak waktu untuk khawatir dan resah sehingga penderita lupa untuk tertawa dan bersenang-senang. 

Kapan terakhir kali menonton film lucu yang membuat tertawa terbahak-bahak? Siapa orang terakhir yang membuatmu tertawa? Cobalah untuk membawa lebih banyak tawa ke dalam hidup.

Baca Juga :

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Admin SUpdate