WHO: Hampir 1 dari 10 Orang di Dunia Sakit karena Makanan Ini!

Rabu 21 September 2022, 21:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Makanan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, jika makanan tidak ada maka tubuh manusia tidak mendapat asupan energi. Selain itu makanan yang baik adalah makanan yang memiliki gizi yang cukup dan makanan yang tidak mengandung bakteri, virus, parasit atau zat kimia berbahaya.

Dilansir dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia WHO, Penyakit yang terkandung di makananan yang tidak baik sering kali memiliki sifat menular atau beracun dikarenakan kandungan pada makanan tersebut memiliki bakteri, virus, parasit atau zat kimia. Akibat dari zat kimia dapat menyebabkan keracunan atau penyakit jangka panjang seperti kanker. Selain itu makanan dapat menyebabkan kecacaran dan kematian jangka panjang. Berikut adalah contoh bahaya makanan yang yang dikutip dari laman resmi WHO.

1.Bakteri

Salmonella, Campylobacter dan enterohaemorrhagic Escherichia coli adalah beberapa patogen bawaan makanan yang paling umum yang mempengaruhi jutaan orang setiap tahun, kadang-kadang dengan hasil yang parah dan fatal. Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, mual, muntah, sakit perut dan diare. Makanan yang terlibat dalam wabah salmonellosis termasuk telur, unggas dan produk lain yang berasal dari hewan. Kasus bawaan makanan dengan Campylobacter terutama disebabkan oleh susu mentah, unggas mentah atau setengah matang, dan air minum. Enterohaemorrhagic Escherichia coli dikaitkan dengan susu yang tidak dipasteurisasi, daging yang kurang matang, serta buah dan sayuran segar yang terkontaminasi.

Infeksi Listeria dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil atau kematian bayi yang baru lahir. Meskipun kejadian penyakit relatif rendah, konsekuensi kesehatan Listeria yang parah dan terkadang fatal, terutama di antara bayi, anak-anak dan orang tua, termasuk di antara infeksi bawaan makanan yang paling serius. Listeria ditemukan dalam produk susu yang tidak dipasteurisasi dan berbagai makanan siap saji dan dapat tumbuh pada suhu pendingin.

Vibrio cholerae dapat menginfeksi manusia melalui air atau makanan yang terkontaminasi. Gejala mungkin termasuk sakit perut, muntah dan diare berair yang banyak, yang dengan cepat menyebabkan dehidrasi parah dan mungkin kematian. Beras, sayuran, bubur millet dan berbagai jenis makanan laut telah terlibat dalam wabah kolera.

Antimikroba, seperti antibiotik, sangat penting untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, termasuk patogen bawaan makanan. Namun, penggunaan yang berlebihan dan penyalahgunaan dalam kedokteran hewan dan manusia telah dikaitkan dengan munculnya dan penyebaran bakteri resisten, membuat pengobatan penyakit menular tidak efektif pada hewan dan manusia.

2. Virus

Beberapa virus dapat ditularkan melalui konsumsi makanan. Norovirus adalah penyebab umum infeksi bawaan makanan yang ditandai dengan mual, muntah, diare berair dan sakit perut. Virus hepatitis A juga dapat ditularkan melalui makanan dan dapat menyebabkan penyakit hati yang bertahan lama dan menyebar biasanya melalui makanan laut mentah atau setengah matang atau produk mentah yang terkontaminasi.

Baca Juga :

Ada Zat Nitrit, Hasil Uji Sampel Makanan Kasus Keracunan di Purwasedar Sukabumi

3.Parasit

Beberapa parasit, seperti trematoda yang dibawa ikan, hanya ditularkan melalui makanan. Lainnya, misalnya cacing pita seperti Echinococcus spp, atau Taenia spp, dapat menginfeksi orang melalui makanan atau kontak langsung dengan hewan. Parasit lain, seperti Ascaris, Cryptosporidium, Entamoeba histolytica atau Giardia , memasuki rantai makanan melalui air atau tanah dan dapat mencemari produk segar.

4.Prion

Prion, agen infeksi yang terdiri dari protein, unik karena terkait dengan bentuk spesifik penyakit neurodegeneratif. Bovine spongiform encephalopathy (BSE, atau biasa disebut penyakit sapi gila) adalah penyakit prion pada sapi, terkait dengan varian penyakit Creutzfeldt-Jakob (vCJD) pada manusia. Mengkonsumsi produk daging yang mengandung bahan berisiko tertentu, seperti jaringan otak, kemungkinan besar merupakan jalur penularan agen prion ke manusia.

5.Bahan kimia

Yang paling menjadi perhatian bagi kesehatan adalah racun yang terjadi secara alami dan polutan lingkungan.

Racun yang terjadi secara alami termasuk mikotoksin, biotoksin laut, glikosida sianogenik, dan racun yang terdapat pada jamur beracun. Makanan pokok seperti jagung atau sereal dapat mengandung mikotoksin tingkat tinggi, seperti aflatoksin dan okratoksin, yang diproduksi oleh jamur pada biji-bijian. Paparan jangka panjang dapat mempengaruhi sistem kekebalan dan perkembangan normal, atau menyebabkan kanker.

Polutan organik persisten (POPs) adalah senyawa yang terakumulasi di lingkungan dan tubuh manusia. Contoh yang diketahui adalah dioksin dan poliklorinasi bifenil (PCB), yang merupakan produk sampingan yang tidak diinginkan dari proses industri dan pembakaran limbah. Mereka ditemukan di seluruh dunia di lingkungan dan terakumulasi dalam rantai makanan hewani. Dioksin sangat beracun dan dapat menyebabkan masalah reproduksi dan perkembangan, merusak sistem kekebalan tubuh, mengganggu hormon dan menyebabkan kanker.

Logam berat  seperti timbal, kadmium dan merkuri menyebabkan kerusakan saraf dan ginjal. Pencemaran logam berat dalam makanan terjadi terutama melalui pencemaran air dan tanah.

Bahaya kimia lainnya dalam makanan dapat mencakup nukleotida radioaktif yang dapat dibuang ke lingkungan dari industri dan dari operasi nuklir sipil atau militer, alergen makanan, residu obat-obatan dan kontaminan lain yang tergabung dalam makanan selama proses tersebut.

Baca Juga :

8 Makanan dan Minuman yang Bisa Sebabkan Penyakit Usus Buntu

Writer : Gilang Eka Setya

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)