4 Tahun Fahmi-Andri Pimpin Kota Sukabumi: Jalankan Program Unggulan, 142 Penghargaan

Rabu 21 September 2022, 05:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Masa kepemimpinan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami sudah melewati empat tahun. Berbagai program unggulan telah terealisasi dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat Kota Sukabumi.

Tanggal 20 September 2022 tepat empat tahun sejak pasangan ini dilantik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 20 September 2018 di Gedung Merdeka Kota Bandung. Momen itu menjadi awal bagi Fahmi dan Andri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sejak dilantik, banyak program unggulan telah di-launching dan dirasakan manfaatnya oleh warga. Program unggulan ini yakni Homecare, Rumah Singgah di Bandung untuk warga yang dirujuk pengobatan ke Bandung, puskesmas klinik sore-malam, ambulans Sigap, dan Sukabumi Kelurahan Entrepreuneurship Center (Kece), Kredit Anyelir.

Program lainnya yaitu Sukabumi Creative Hub (SCH), program Udunan Online, Gerakan Literasi, Gerakan Magrib Mengaji, Gerakan Shalat Subuh Berjamaah, aplikasi pengaduan Sukabumi Particapeted Responder (SUPER). Berikutnya Student Camp, Pendidikan Vokasi, Kelurahan Sport Center yang diberi nama Lapang Renyah di 33 Kelurahan, Revitalisasi Pedestarian, dan Little Sukabumi.

Semua program ini digulirkan untuk mewujudkan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi yakni Religius, Nyaman, dan Sejahtera (Renyah).

Pemilik jargon "Sukabumi Renyah" (Religius, Nyaman, Sejahtera) itu sedikitnya menerima 142 penghargaan, di antaranya tahun 2018-2019 sebanyak 82 penghargaan, tahun 2020 sebanyak 24 penghargaan, dan tahun 2021 hingga 20 September 2022 sebanyak 36 penghargaan. Jumlah ini masih menjadi catatan sementara karena masih banyak penghargaan lainnya.

Sejak awal masa pemerintahannya, Fahmi dan Andri terus mengebut berbagai pembangunan infrastruktur. Seluruh elemen turut berkontribusi, dan selalu menekankan pentingnya infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan sosial. Melalui kerja keras dan tekad yang bulat, pemerintah Kota Sukabumi berhasil melakukan berbagai macam pembangunan infrastruktur bagi rakyatnya.

Antara lain: Pembangunan Lapang Merdeka. Lapang yang memiliki luas lintasan kurang lebih 400 meter ini menjadi tempat favorit warga untuk berolahraga serta bersosialisasi. Wajah baru Lapang Merdeka dan Alun-Alun Kota Sukabumi akhirnya diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada Sabtu, 8 Januari 2022.

Pembangunannya dilakukan pada 2021 dan diresmikan awal 2022. Alun-alun Kota Sukabumi juga kini di tata lebih menarik dengan semboyan Kota Sukabumi, Religius, Nyaman, dan Sejahtera. Dilengkapi dengan sentuhan warna emas di kubah masjid semakin membuat suasana elegan. Alun-alun juga ruang publik terbaik, ruang demokrasi warga, dan ruang ekspresi budaya. 

Peresmian ini dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menjadi pembina apel siaga gelar pasukan pengamanan malam tahun baru 2021 dan meresmikan pedestrian Jalan Ir Djuanda (Dago) di kawasan pedestrian Dago, Kamis, 31 Desember 2021 sore Pendestrian Jalan Ahmad Yani, salah satu lokasi yang strategis untuk masyarakat menikmati meramaian kota.

Kini di Pendestrian Ahmad Yani bisa ditemukan Titik Nol Kota Sukabumi dengan desain yang cukup unik. Pendestrian Jalan Ir DJuanda, merupakan lokasi yang berada di tengah kota tepatnya di kawasan sekolah dan perkantoran. Kini Jalan Ir Djuanda terlihat lebih tertata, memanjakan para pejalan kaki. 

Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di tujuh ruas jalan, proses penertiban PKL yang puluhan tahun di badan jalan atau trotoar biasanya ditandai dengan aksi penolakan. Namun di Kota Sukabumi, upaya ini berjalan aman dan tidak ada konflik. Proses penertiban PKL berlangsung sejak Sabtu 12 Februari 2022. Ada tujuh ruas jalan yang mengarah ke Pasar Pelita Kota Sukabumi yang akan ditertibkan. 

Ketujuh jalan ini yakni Jalan Perniagaan, Stasiun Timur, Stasiun Barat dan Kanopi A, Jalan Pasar/porpakis, Jalan Pasar Wetan, Gang Arab, dan Jalan Kapten Harun Kabir. 

Selain itu dengan aktivasi Pasar Pelita Kota Sukabumi dengan selesainya pembangunan. Di mana keberadaannya mendapatkan apresiasi dari Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang datang ke Kota Sukabumi.

SUMBER: WEBSITE KDP SETDA KOTA SUKABUMI

(ADVERTORIAL)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin