5 Fakta Comeback Timnas Indonesia U-20 Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-20

Senin 19 September 2022, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia akhirnya berhasil lolos ke Piala Asia U-20 2023, setelah sukses membungkam Vietnam dengan skor 3-2 yang diselenggarakan di stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Kesuksesan timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 tak lepas dari kunci sukses memenangi pertandingan melawan Vietnam di laga terakhir fase Grup F babak kualifikasi.

Kemenangan itu menggenapi sapu bersih timnas Indonesia U-20 di fase grup, mengoleksi 9 poin dari tiga kali hasil menang melawan Timor Leste, Hong Kong dan Vietnam.

Timnas Indonesia U-20 keluar sebagai juara Grup F dan menjadi tim kedua yang memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 setelah Korea Selatan.

Di balik kesuksesan anak asuh Shin Tae-yong, setidaknya ada 5 faktor yang mempengaruhi performa gemilang saat membungkam Vietnam pada matchday terakhir fase grup.

Lantas apa saja kelima faktor tersebut? berikut deretan kunci sukses timnas Indonesia U-20 comeback manis atas Vietnam.

1. Percaya Diri

Penampilan percaya diri ditunjukkan para pemain timnas Indonesia U-20, terlepas dari bertanding di markas sendiri.

Hal itu dibuktikan saat keunggulan untuk Vietnam di babak kedua, namun kepercayaan diri para pemain tak luntur hingga mampu membalikkan kedudukan.

Rasa percaya diri para pemain ini juga diakui Shin Tae-yong, ia sangat percaya anak asuhnya merasa demikian sejak awal pertandingan dimulai.

2. Dukungan Suporter

Ribuan penonton memadati Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya guna memberi dukungan terhadap para pemain timnas Indonesia U-20.

Dukungan itu yang memang membuat nyali lawan menciut, bahkan Dinh the Nam selaku pelatih Vietnam sudah mewanti-wanti adanya tekanan dari suporter tuan rumah.

"Kami akan sangat mempersiapkan pertandingan itu, terutama dari segi fisik dan mental, karena pemain saya akan mendapat tekanan hebat dari suporter." ucap Dinh the Nam.

3. Marselino Ferdinan.

Masuknya Marselino Ferdinan pada babak kedua sangat jelas mengubah alur permainan, hal itu terbukti dengan terciptanya gol pertama.

Gol tersebut membakar semangat para pemain lain, meskipun harus sempat merasakan kekhawatiran setelah tertinggal 1-2.

Kemampuannya dalam membangun serangan memudahkan para pemain lain dalam memposisikan diri, lahirnya gol kedua dan ketiga timnas juga tak lepas dari andilnya.

Selain mampu menjadi jenderal lini serang, Marselino merupakan pemain dengan penyelesaian akhir yang sangat ciamik.

Baca Juga :

4. Pantang Menyerah

Semangat juang para pemain timnas Indonesia U-20 diakui pelatih Vietnam, bukan karena sebagai tuan rumah tetapi kolektifitas dalam bermain.

Satu sama lain terkoneksi dengan sangat baik, meski masih ada beberapa kekurangan yang menghasilkan dua kebobolan.

Pantang menyerah dibuktikan Marselino Ferdinan dkk, dalam waktu yang tidak banyak mampu membalikkan kedudukan lewat dua gol yang tercipta dalam tempo empat menit.

5. Shin Tae-yong

Faktor utama kesuksesan timnas Indonesia U-20 saat comeback melawan Vietnam adalah Shin Tae-yong, penerapan taktiknya terbilang sangat ampuh.

Racikan pemain yang mengalami sedikit perubahan pasca Piala AFF U-19 2022 lalu terbukti membuahkan hasil maksimal.

Beberapa pemain andalan tak diturunkan di awal pertandingan, disimpan untuk kemudian dimainkan pada babak kedua, termasuk Marselino dan Rabbani.

Hasilnya lewat para pemain tersebut, timnas Indonesia U-20 berhasil memberondong gawang Vietnam dengan tiga gol.

SUMBER: SUARA.COM

Writer: Ikbal Juliansyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram