Sidat Bumi dan Lumbung Berkah Raih Sukabumi Award 2022, UMKM Semen Jawa

Senin 19 September 2022, 16:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dua UMKM sektor perikanan binaan PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi meraih Sukabumi Award 2022. Penghargaan yang diberikan dalam rangka hari jadi Kabupaten Sukabumi ini sebagai apresiasi atas upaya kedua UMKM ini mengembangkan potensi perekonomian di desanya masing-masing.

Penghargaan untuk UMKM Sidat Bumi dan Lumbung Berkah diserahkan langsung oleh Bupati Marwan Hamami, pada acara peringatan HUT Kabupaten Sukabumi ke-152, Jumat 9 September 2022 di Aula Setda Palabuhanratu.

Kelompok UMKM ini tergabung dalam Program Gesari (Gerakan Desa Berdikari) SCG (PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi), dimana perusahaan ini mendorong masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan berkontribusi pada pembangunan desa. 

Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil mengungkapkan, rasa bangga atas atas penghargaan yang diraih oleh Sidat Bumi dan Lumbung Berkah.

"Melalui program ini (Gerari), kami ingin mendorong serta memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonominya sekaligus berkontribusi pada pembangunan desanya masing-masing. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi para pembudidaya milenial lainnya di Kabupaten Sukabumi,” ucap Somchai Dumrongsil dikutip dari rilis SCG, Senin 19 September 2022.

Selain penghargaan tersebut, PT Tambang Semen Sukabumi pun memperoleh penghargaan dari Pemda Kabupaten Sukabumi atas perannya di kategori wajib pajak patuh dan wajar dalam pembayaran pajak daerah dalam Sukabumi Award tahun 2022. Hal ini membuktikan komitmen PT Tambang Semen Sukabumi dalam memenuhi peraturan yang berlaku di Kabupaten Sukabumi.

Dalam kesempatan penyerahan penghargaan, Bupati Marwan Hamami menegaskan bahwa Sukabumi bisa bergerak dengan baik melalui kebersamaan. "Terima kasih atas berbagai hal yang diberikan untuk Kabupaten Sukabumi, Semua layanan terbaik kita berikan untuk masyarakat, Maka dari itu, Sukabumi Award 2022 harus menjadi motivasi bagi semua dalam menciptakan gagasan untuk memberikan yang terbaik dan bermanfaat.”

Anugerah Sukabumi Award 2022 yang mengusung tema energi berkarya, berinovasi dan berprestasi ini sejalan dengan semangat kelompok pembudidaya ikan, Sidat Bumi dan Lumbung Berkah. Keduanya senantiasa berinovasi serta berkontribusi dalam pengembangan masyarakat di Desa Kebonmanggu dan Desa Sukamaju.

Keduanya mendapatkan dukungan dari Program Gesari berupa pembinaan dan pendanaan sebesar Rp 143 juta untuk Lumbung Berkah dan Rp 20 juta untuk Sidat Bumi.

Kelompok Sidat Bumi yang dipelopori oleh Restu berhasil menarik 12 petani milenial lainnya. Keunggulan dari Sidat Bumi, budidaya sektor perikanan yang tidak memerlukan lahan luas, hanya butuh kolam terpal dan tong di pekarangan rumah. 

Kelompok Sidat Bumi pun peduli terhadap kelestarian sidat, secara berkala, Sidat bumi mengadakan perilisan sidat ke sungai-sungai di Desa Kebonmanggu. 

Sementara, Kelompok Lumbung Berkah yang diketuai oleh Dida memulai budidaya lele sejak 2016 dan melalui dukungan Program Gesari, Dida mengembangkan Desa Sukamaju menjadi Kampung Lele dan berhasil mengajak 38 pembudidaya milenial, untuk mengembangkan lele higienis.

Baca Juga :

“Kami berterima kasih kepada PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi serta Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sukabumi yang telah mendorong para pemuda di Desa Kebonmanggu untuk dapat termotivasi menjadi pembudidaya milenial. Berkat adanya program gesari, kami berhasil mendapatkan apresiasi dari Bupati Sukabumi.” ungkap Restu, Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan Sidat Bumi

Rasnita selaku Kepala Desa Kebonmanggu mengungkapkan, budidaya bibit Ikan Sidat yang dilakukan Sidak Bumi saat ini menjadi salah potensi desa. "Keberadaannya mendorong dan dalam peningkatan perekonomian di desa kami. Apa yang telah diraih juga tidak terlepas dari dukung yang sangat besar dari SCG serta Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi,” jelas Rasnita selaku Kepala Desa Kebonmanggu. (ADVERTORIAL)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)