Polres Sukabumi Kota Raih Penghargaan IKPA Terbaik Tiga Kali Berturut-turut

Rabu 31 Agustus 2022, 17:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Polres Sukabumi Kota memberikan gebrakan dengan capaian prestasi berupa penghargaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik selama tiga kali berturut-turut.

Dilansir dari rilis KPPN Sukabumi, Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY. Zainal Abidin, S.I.K, didampingi Bripka Nina Widya, S.EPS selaku Bendahara Pengeluaran dan Pembina Linda Dianovita, S.H., M.H., menerima piagam penghargaan dari Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi di ruang kerja Kapolres, Rabu (31/8/2022). 

Baca Juga :

Serapan Belanja APBN di KPPN Sukabumi Capai Rp 1,7 Triliun pada Akhir Juli 2022

Penghargaan tersebut berupa Satuan Kerja Terbaik Kategori Pagu Besar Lingkup Pembayaran KPPN Sukabumi Periode Semester I Tahun 2022.

Penghargaan ini merupakan penghargaan ketiga kalinya yang diraih oleh Polres Kota Sukabumi untuk kategori yang sama, yaitu sebagai Satuan Kerja Terbaik Kategori Pagu Besar. Penghargaan tersebut diraih pada periode semester I Tahun 2021, Semester II tahun 2021, dan yang baru diterima, periode semester I tahun 2022. 

Bahkan di awal triwulan I 2021, Polres Kota Sukabumi meraih penghargaan sebagai Satker Terbaik Kedua atas pencapaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Tahun 2020 tingkat nasional dari Kementerian Keuangan RI. Saat itu, penghargaan diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Kapolres Sukabumi Kota saat itu, AKBP Sumarni.

“Prestasi yang sangat membanggakan ini, tentunya buah dari kerja keras para pengelola keuangan dalam melakukan pengelolaan anggaran,” ujar Kapolres Sukabumi Kota,  AKBP SY. Zainal Abidin, S.I.K saat menerima penghargaan.

photoFoto bersama jajaran KPPN Sukabumi dan jajaran Polres Sukabumi Kota. - (Istimewa)</span

Lebih istimewa lagi, penghargaan untuk tahun ini merupakan pemberian penghargaan dengan menggunakan formula IKPA terbaru. Hal yang tidak mudah untuk cepat beradaptasi dengan mekanisme penilaian IKPA terbaru.

“Semoga melalui penghargaan ini, dapat lebih meningkatkan profesionalisme pihak kami dalam hal pengelolaan anggaran secara transparan, efektif, efisien dan akuntabel, yang tentunya dengan mencerminkan aspek kesesuaian perencanaan, serta aspek pelaksanaan anggaran, kepatuhan pada regulasi, serta efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan. Hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi dalam perbaikan terus menerus di masa mendatang,” jelas AKBP SY. Zainal Abidin, S.I.K.

Pemberian penghargaan ini sebagai tindak lanjut dari acara Pemberian Penghargaan Kepada Pengelola keuangan Satuan Kerja Terbaik Periode Semester I Tahun 2022 yang dilaksanakan secara berbarengan dengan acara Evaluasi  Pelaksanaan Anggaran Semester I TA 2022 pada tanggal 11 Agustus 2022 secara daring.

IKPA sendiri merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga. IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran yang disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan yang terintegrasi pada Online Monitoring (OM) SPAN yang dijadikan ukuran dan mencerminkan kinerja satuan kerja atas kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, serta kualitas hasil pelaksanaan anggaran.

Pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi menyampaikan pesan kepada Kapolres Kota Sukabumi dan jajarannya untuk tidak segan berkonsultasi kepada para petugas di KPPN Sukabumi apabila menemukan kendala atau permasalahan baik berupa regulasi maupun aplikasi.

“Para petugas KPPN Sukabumi yang dalam hal ini para pejabat fungsional PTPN siap membantu dan membimbing para pengelola keuangan di Polres Kota Sukabumi agar kinerja pengelola keuangan yang sudah baik dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan hingga dapat kembali meraih penghargaan di tingkat nasional,” pungkas Abdul. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 22:03 WIB

7 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh, Picu Diabetes dan Obesitas!

Penting dalam hidup mengetahui bahaya keseringan bergadang. Sebab, hal itu bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh lama kelamaan.
Ilustrasi. Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh. (Sumber foto : Pexels/cottonbro pro)
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)