Mengenal Pasir Piring, Daerah Ikonik Gerbang Menuju Pajampangan Sukabumi

Selasa 23 Agustus 2022, 14:54 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pasir piring menjadi salah satu daerah yang terbilang ikonik di daerah selatan Kabupaten Sukabumi atau pajampangan. Sejatinya pasir piring ini merupakan kawasan Perhutani blok Hanjuang Barat di Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi

Pasir piring dianggap sebagai pintu masuk ke wilayah Pajampangan. Pasalnya, kawasan hutan ini mengapit jalan nasional, ruas Kiaradua - Jampangkulon. 

Baca Juga :

Cerita Tanjakan Cipeucang di Ciemas Sukabumi: Dikerjakan 40 Hari Diawali Semedi

"Hutan Pasir Piring merupakan pintu masuk ke wilayah Pajampangan dari daerah Kiaradua Kecamatan Simpenan, maupun dari daerah Lengkong, Kecamatan Lengkong,” kata Kepala Desa Waluran Mandiri, Heli Sugriwa kepada sukabumiupdate.com, Selasa (23/8/2022).

Sebelum tahun 2010, ruas jalan tersebut dianggap sangat angker oleh pengguna jalan, selain hutan dengan pepohonan yang besar dan rimbun serta banyak juga cerita mistis terkait Pasir Piring.

Namun semua itu berubah saat ini. “Kondisi sekarang sudah ramai dengan adanya warung warung yang buka full 24 jam di sepanjang Pasir Piring," ujar Heli.

Di balik rimbunnya Hutan Pasir Piring terdapat sumber kehidupan diantaranya ada hulu Sungai Cilung yang aliran airnya mengalir ke Sungai Ciletuh. Aliran sungai itu menjadi sumber air untuk pertanian warga.

Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Hanjuang Barat, Jojon Rihana mengatakan jumlah luas Perhutani Hanjuang Barat mencapai 4.628,67 hektar yang tersebar di 4 kecamatan, yakni Kecamatan Waluran, Kecamatan Waluran, Kecamatan Ciemas, Kecamatan Simpenan, serta Kecamatan Lengkong. 

"Kalau di Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, luasnya sekitar 800 hektar termasuk Blok Pasir Piring," jelasnya.

Blok Pasir Piring Hanjuang Barat, kata Jojon, memang menyimpan sumber daya alam, terutama air dan sebagai hulu sungai. Jojon menyatakan di kawasan blok Pasir Piring kerap terjadi aktivitas tambang emas liar

“Selama ini juga kami menerima laporan bahwa masih ada aktivitas yang menambang emas. Kami Perhutani sudah kewalahan menanganinya, mereka [beraktivitas] sudah puluhan tahun," bebernya.

Kendati demikian, Perhutani bersama masyarakat, pemdes dan muspika serta Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) terus berupaya menjaga hutan tersebut dengan penanaman pohon.

"Upaya untuk menjaga kerusakan hutan Pasir Piring Hanjuang Barat. Perhutani hampir tiap tahun selalu melakukan reboisasi penanaman lahan lahan kosong juga bekerjasama dengan Pemdes, Muspika, serta LMDH," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)
Sehat07 Mei 2024, 19:45 WIB

Teh Hijau: Manfaatnya untuk Meningkatkan Umur Panjang, Kolesterol dan Mengelola Gula Darah

Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda.
Ilustrasi - Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Life07 Mei 2024, 19:30 WIB

Bisa Bunda Terapkan,Inilah 5 Alasan Orang Tua Membesarkan Anak Tanpa Hukuman

alasan orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, membesarkan anak tanpa hukuman.
Ilustrasi membesarkan anak tanpa hukuman (Sumber : pexels.com/@Harrison Haines)