Pria Wajib Tahu 6 Penyebab Mr P Sering Gatal, Waspada!

Jumat 19 Agustus 2022, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian Pria mungkin kerap kali merasakan Mr P yang terasa gatal. Kondisi tersebut tentu saja membuat tidak nyaman dan cukup mengganggu.

Mr P yang gatal dan iritasi tersebut biasanya terlihat seperti ruam, benjolan merah atau lecet.

Melansir dari Suara.com, Mr P gatal paling sering kali disebabkan oleh infeksi kulit, bahan kimia dalam produk kebersihan atau gejala penyakit menular seksual.

photoIlustrasi Mr P Gatal - (Freepik)</span

Umumnya, sebagian besar Mr P gatal tidak berbahaya dan bisa diobati. Tapi dilansir dari Buoy Health, ada beberapa penyebab Mr P gatal, diantaranya yaitu:

Baca Juga :

1. Iritasi Mr P

Iritasi pada Mr P sering terjadi akibat hal-hal yang terkadang tidak berbahaya. Penyebab umum iritasi tersebut termasuk penggunaan produk kebersihan atau sabun yang salah, terlalu sering dibersihkan atau keseringan adanya gesekan.

Gejala umum iritasi biasanya berupa Mr P kemerahan dan gatal. Anda juga mungkin mengalami demam, nyeri buang air kecil, dan nyeri testis. 

Tapi, kondisi ini biasanya sembuh dengan perawatan mandiri.

2. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah infeksi pada saluran kemih yang meliputi ginjal, kandung kemih, dan uretra. 

Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri tinja. Gejala infeksi saluran kemih ini bisa berupa Mr P gatal dan nyeri ketika buang air kecil atau dysuria.

3. Kudis

Kudis adalah ruam yang disebabkan oleh tungau gatal mikroskopis manusia. Kondisi ini bisa menyebabkan iritasi parah dan gatal pada Mr P

Tungau menyebar melalui kontak langsung, tempat tidur atau furniture.

Kondisi ini bisa menginfeksi semua orang, baik anak-anak, orang dewasa muda yang aktif secara seksual, orang dengan sistem kekebalan lemah, pasien di panti jompo.

Gejalanya meliputi rasa gatal yang hebat, terutama di malam hari dan ruam berupa benjolan merah kecil. Tapi, menggaruk bisa menyebabkan ruam yang membentuk luka, sisik atau kerak.

Ruam paling sering terbentuk di antara jari-jari, di lipatan pergelangan tangan dan siku, serta di tempat mana pun yang biasanya tertutup oleh pakaian.

4. Lichen Sclerosus

Lichen sclerosus adalah kondisi kulit kronis di mana seseorang membentuk bercak putih, keriput, dan kulit tipis.

Kebanyakan orang dengan kondisi ini akan mengalaminya di area anus, genital, dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Lichen sclerosus adalah adanya perubahan kulit serta memar, pendarahan, peradangan, gatal dan nyeri di area yang terkena. Kondisi ini perlahan berkembang dari waktu ke waktu tanpa pengobatan.

5. Kutil Kelamin

Kutil kelamin salah satu infeksi menular seksual yang paling umum. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). 

Meskipun tidak dapat disembuhkan, tetapi pengobatan yang tepat dapat membantu.

Gejala utama kutil kelamin berupa benjolan kecil selangkangan, benjolan selangkangan berwarna kulit, benjolan selangkangan berukuran marmer, benjolan selangkangan yang tidak nyeri, dan benjolan selangkangan bersisik.

6. Tinea Cruris

Tinea cruris adalah infeksi jamur pada kulit di daerah selangkangan. Kondisi ini bisa menyebabkan kemerahan berbentuk cincin, dan terkadang gatal atau nyeri.

Gejala utama tinea cruris ini berupa selangkangan kemerahan, selangkangan gatal, daerah selangkangan yang berkeropeng, dan ruam gatal.

Itulah enam kondisi yang dapat menyebabkan Mr P gatal. Sebagai seorang pria sebaiknya berhati-hati dan waspada. Jika gatal semakin parah sebaiknya segera temui dokter.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 April 2024, 19:00 WIB

Ajak Bicara dengan Perasaan, 9 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung.
Ilustrasi. Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung. (Sumber : pixabay.com/@AnnieSpratt)
Sukabumi19 April 2024, 18:20 WIB

Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi, Sosok Kayla di Mata Keluarga

Kayla Nur Syifa siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka dimakamkan di TPU Cimuhara Gunungguruh Sukabumi.
Jenazah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi dimakamkan. (Sumber : SU/Asep Awaludin)