Light Dark

Sederet Keutamaan Surat An Nasr, Bukti Kebenaran Al Quran

Gaya Hidup | 18 Aug 2022, 01:00 WIB
(Ilustrasi) Sederet Keutamaan Surat An Nasr, Bukti Kebenaran Al Quran | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Surat An Nasr adalah Surat ke 110 yang hanya terdiri dari 3 ayat. Surat yang termasuk dalam kelompok Al Madaniyah ini merupakan salah satu surat yang kerap kali dilafalkan saat melaksanakan salat.

Lantas apakah Anda sudah mengetahui keutamaan Surat An Nasr ini?


Advertisement

Surat ini memiliki makna pertolongan yang bersamaan dengan peristiwa Fathu Makkah (pembebasan kota Mekah) pada tahun 30 atau bertepatan dengan 10 Ramadhan 8 Hijriah.

photo(Ilustrasi) Membaca Doa - (via: islamicity)

Ada sederet keutamaan Surat An Nasr yang perlu umat muslim ketahui, dan inilah keutamaan Surat An Nasr yang kami lansir dari Suara.com.

Baca Juga :


Advertisement

1. Berisi Kabar Gembira

Sesuai dengan namanya yang memiliki makna ‘pertolongan’, Surat An Nasr ini memiliki Keutamaan sebagai pemberi kabar gembira kepada Rasulullah SAW yang mana pertolongan Allah SWT akan datang pada peristiwa Fathu Makkah.

2. Berbondong-bondong Masuk Islam

Keutamaan berikutnya yaitu selepas peristiwa Fathu Makkah, banyak orang berbondong-bondong memeluk agama islam. 

Hal tersebut terbukti hingga saat ini bahwa islam adalah agama yang jumlah pemelukanya sangat besar.

3. Bukti Kebenaran Al Quran

Keutamaan lainnya yaitu Surat An Nasr sebagai bukti bahwa yang dikatakan di dalam Al Quran itu benar-benar menjadi kenyataan yakni adanya peristiwa Fathu Mekkah serta banyaknya orang-orang yang memelukan agama islam.

4. Bukti Setiap Pertolongan datangnya dari Allah

Keutamaan Surat An Nasr yang juga perlu Anda tahu yaitu Surat ini sebagai bukti bahwa setiap pertolongan itu datangnya dari Allah SWT. 

Setiap orang yang rajin membaca Al Quran dan berdzikir adalah cara yang paling sederhana untuk mendapat nikmat dari Allah SWT.

5. Menunjukan Bahwa Allah itu Maha Pengampun

Allah SWT itu adalah Zat yang Maha Pemurah dan Pengampun. Oleh karena itu, setiap hamba yang bertaubat dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan, maka Allah akan mengampuni  segala dosa maupun kesalahanya.

6. Seperti Membaca Seperempat Al Quran

Keutamaan membaca Surat An Nasr berikutnya yaitu siapa saja yang membaca Surat An Nasr setiap hari maka ia seperti membaca seperempat Al Quran. 

Hal tersebut juga tercantum dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh  Imam Tirmidzi.

“Surat Idza jaa nashrullahi wal fat-hu sama dengan seperempat Al-Qur’an.” (HR. Tirmidzi)

Itulah keutamaan Surat An Nasr yang parlu Anda  tahu. Semoga bermanfaat dan tetaplah rajin membaca Al Quran untuk mendapatkan kehidupan yang damai.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | ULIL AZMI

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah