Light Dark

Pawai Kemerdekaan dengan Pakaian Pejuang ala Dapuran Kipahare Sukabumi

Sukabumi | 17 Aug 2022, 15:09 WIB
Yayasan Dapuran Kipahare bersama perkumpulan Tionghoa di Sukabumi menggelar pawai memeriahkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Yayasan Dapuran Kipahare bersama perkumpulan Tionghoa di Sukabumi menggelar pawai memeriahkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Pawai diikuti oleh puluhan orang dengan memakai baju pejuang seperti Baju Tentara, Jepang, Belanda dan kebaya sambil membawa replika senjata serta menggunakan sepeda ontel. Rute pawai yaitu berkeliling sekitar jalan Danalaga Odeon, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. 


Advertisement

Baca Juga :

"Filosofinya adalah suasana perjuangan dimana para pejuang secara fisik mempertahankan kemerdekaannya tanpa memandang pakaian, ada yang menggunakan pakaian sunda, ada yang pakaian Jepang atau pakaian Belanda yang dirampas dari musuh, yang jelas semua bersatu untuk mengusir penjajahan," ujar ketua yayasan Dapuran Kipahare Irman Firmansyah.

Adapun kelima perkumpulan Tionghoa tersebut adalah Inti, Hakka, Fu Qing, Psmti dan Yong chun. Irman memaknai hari Kemerdekaan tahun kali ini adalah berdaulat. 


Advertisement

"Berdaulat dalam berpendapat secara objektif dan sesuai fakta, kalau di era sekarang banyak seperti menebar hoax di media sosial artinya tidak berdaulat karena memaksakan diri menyampaikan sesuatu yang bukan fakta," jelasnya.

Image

Riza

Image

Andri Somantri

Redaktur