Light Dark

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Konsumsi Obat-obatan

Sehat | 15 Aug 2022, 22:45 WIB
(Ilustrasi) Kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan karenanya penting mengetahui cara menurunkan kolesterol | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan karenanya penting mengetahui Cara Menurunkan Kolesterol tanpa mengkonsumsi obat-obatan, meskipun sebenarnya kolesterol berfungsi untuk membantu membangun sel-sel baru.

Tingginya kada kolesterol seseorang ini sendiri disebabkan oleh berbagai macam faktor. Untuk menurunkannya sendiri biasanya seseorang harus mengonsumsi Obat-obatan serta memperhatikan gaya hidup yang dimilikinya, mulai dari pola makan, kebiasaan, dan lain-lain.


Advertisement

Melansir dari Suara.com, Dokter sekaligus Konten Kreator, dr. Ema Surya Pertiwi atau akrab dikenal Emasuperr mengungkapkan, terdapat berbagai cara untuk mengurangi kadar kolesterol pada seseorang tanpa mengonsumsi obat-obat, di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga :

Merubah Pola Makan

photoIlustrasi Leher Tegang Akibat Kolesterol Tinggi - (Freepik)


Advertisement

Seperti yang diketahui, kadar kolesterol dalam tubuh sangat berpengaruh pada makanan. Hal ini karena berbagai makanan mengandung kolesterol yang tinggi seperti daging merah, makanan tinggi gula atau mani, mentega, keripik kentang, dan lain-lain.

Selain itu, makanan yang tinggi akan garam juga meningkatkan risiko naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Berbagai makanan lainnya seperti jeroan juga mengandung kolesterol yang tinggi dan berbahaya bagi tubuh.

Oleh karena itu, pola makan yang tadinya terlalu bebas, saat ini harus dikontrol agar kolesterol dalam tubuh tidak naik.

Cara lain untuk menurunkan kolesterol yaitu dengan makanan yang mampu menurunkannya. Berdasarkan penjelasan dr.Ema makanan yang tinggi akan kolesterol sendiri dapat diganti dengan bahan lain. Berikut beberapa makanan yang mampu membantu menurunkan kolesterol.

1. Oatmeal

Makanan yang mampu untuk menjadi penurun kolesterol sendiri seperti oatmeal. Kandungan yang terdapat pada oatmeal sendiri juga dapat menjadi pengganti nasi putih. Hal ini karena oatmeal dapat mengikat kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Alpukat

Buah yang satu ini mengandung lemak baik yang terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Dengan mengonsumsi alpukat tanpa gula dan susu akan membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Kunyit

Kandungan yang terdapat dalam kunyit dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kunyit sendiri dapat digabungkan dengan makanan lain atau jamu untuk dikonsumsi.

4. Makanan tinggi sterol stanol

Makanan yang tinggi sterol stanol seperti jagung, kacang merah, kedelai dapat membantu menghilangkan lemak jahat dalam tubuh. Hal tersebut juga membantu mengurangi kadar kolesterol pada seseorang.

5. Tomat dan kacang kedelai

Tomat dan kacang kedelai juga menjadi bahan yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Gula dan kopi

Gula dan kopi dapat membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Kandungan yang terdapat pada gula dan kopi membantu kolesterol meningkat dan berbahaya bagi tubuh. untuk itu hindari konsumsi gula dan kopi berlebihan.

Baca Juga :

Merubah Pola Hidup

photoKadar Kolesterol. - (Shutterstock)

Gaya hidup juga berpengaruh pada kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa pola hidup yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol sendiri diantaranya sebagai berikut.

1. Sering berjemur

Berjemur dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan berjemur 30 menit di bawah sinar matahari akan membantu produksi vitamin D yang diproses menjadi dari kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, berjemur mampu membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Cukup tidur

Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol ini sendiri yaitu istirahat atau tidur yang cukup. Dikatakan orang yang memiliki masalah pada tidur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol. Untuk itu, penting untuk menjaga waktu tidur. Waktu tidur yang cukup sendiri sekitar 6-8 jam per hari.

3. Rajin berolahraga

Olahraga kardio setidaknya 30 menit per tahun mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Berhenti merokok

Rokok mengandung akrolein yang menghambat HDL atau kolesterol baik untuk mengangkut kolesterol jahat. Kandungan lain pada rokok juga menyebabkan berbagai penyakit bagi tubuh.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran