Light Dark

Alfamart Buka Suara Soal Karyawannya Minta Maaf karena Diancam UU ITE

Nasional | 15 Aug 2022, 13:23 WIB
Manajemen Alfamart buka suara seusai karyawan di gerai Sampora, Cisauk, Tangerang Selatan, meminta maaf kepada seorang pelanggan yang datang bersama pengacaranya akibat diancam UU ITE. | alfamart.co.id

SUKABUMIUPDATE.com - Manajemen Alfamart buka suara usai karyawan di gerai Sampora, Cisauk, Tangerang Selatan, meminta maaf kepada pelanggan yang datang bersama pengacaranya. Pegawai bernama Amelia meminta maaf atas viralnya video di media sosial dengan narasi "seorang ibu yang mengendarai Mercy mencuri cokelat di Alfamart".

Mengutip laporan tempo.co, karyawan tersebut diancam dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE lantaran telah merekam dan menyebarkan video pelanggan. Pihak Alfamart membenarkan kejadian karyawannya yang diancam dengan undang-undang pada 13 Agustus 2022 sekira pukul 10.30 WIB.


Advertisement

Alfamart menjelaskan saat itu karyawannya menyaksikan konsumen mengambil barang tanpa membayar. "Setelah dimintai pertanggungjawaban, konsumen baru membayar produk cokelat yang diambilnya. Dan dari investigasi, karyawan pun menemukan produk lain yang diambil selain cokelat,” ujar manajemen Alfamart lewat keterangan yang diunggah akun Instagram pada Senin (15/8/2022).

Alfamart menyayangkan tindakan sepihak dari konsumen dengan membawa pengacara dan membuat karyawan tertekan. “Alfamart sedang melakukan investigasi internal lebih lanjut dan apabila diperlukan akan mengambil langkah hukum selanjutnya,” katanya.

Adapun kejadian itu bermula dari beredarnya video viral berdurasi 36 detik. Rekaman video itu menunjukkan para karyawan Alfamart menghampiri seorang pelanggan yang berada di mobil. Pelanggan tersebut diduga telah mencuri cokelat. “Kenapa ibu enggak jujur?” ucap perekam video tersebut.

Pelanggan yang juga pengemudi mobil sempat ingin pergi, namun diminta untuk membayar cokelat yang telah diambilnya. “Enggak mau, lah, bayar dulu lah.” Pelanggan tersebut pun akhirnya berjalan masuk ke gerai dan ke kasir untuk membayar cokelat yang telah diambilnya.


Advertisement

Kemudian video selanjutnya viral juga yang menampilkan karyawan Alfamart bernama Amelia meminta maaf kepada pelanggan yang sebelumnya dia tegur. Pelanggan ini datang bersama pengacaranya. “Saya karyawan Alfamart ingin mengklarifikasi video yang tersebar di media sosial karena sudah ada kesalahpahaman di antara kita berdua dan telah merugikan Ibu Marliana,” ucap Amelia dalam potongan video yang beredar, Ahad, 14 Agustus 2022.

Saat meminta maaf, Amelia diapit oleh Marliana, pelanggan yang diduga mencuri cokelat, dan seorang pengacaranya. “Video yang beredar kemarin sangat merugikan Ibu Marliana,” kata pengacara pelanggan Alfamart tersebut.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur