Light Dark

Di Balik Golok 7 Meter dari Cibatu Sukabumi: Berat 350 Kg, Dibuat Selama 45 Hari

Inspirasi | 15 Aug 2022, 12:50 WIB
Golok sepanjang 7 meter yang dibuat perajin asal Kampung Cibatu RT 07/04 Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Perajin asal Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, menjadi buah bibir setelah berhasil membuat golok sepanjang 7 meter dalam waktu 45 hari. Ada 10 orang yang terlibat dalam pembuatan senjata berbahan baja ini.

Peran perajin dalam proses pembuatan golok menjadi penentu kualitas alat yang digunakan untuk membelah atau memotong tersebut. Desa Cibatu, sudah lama terkenal sebagai sentra pembuatan golok maupun pedang yang tidak diragukan lagi kualitasnya.


Advertisement

Baca Juga :

Berlokasi di Kampung Cibatu RT 07/04 Desa Cibatu, golok sepanjang 7 meter itu dibuat Abah Itoy bersama timnya yang berjumlah kurang lebih 10 orang. golok berukuran raksasa ini diberi nama "Golok Siliwangi" dan dikirim ke Karawang pada Ahad, 14 Agustus 2022.

"Golok Siliwangi itu sudah diberangkatkan ke Markas Kodam III Siliwangi yang ada di Rengasdengklok, Karawang. Katanya untuk museum di Kodam III Siliwangi," kata Kepala Desa Cibatu Sendi Athar Maulana kepada sukabumiupdate.com, Senin (15/8/2022).


Advertisement

Pelepasan pemberangkatan golok pada Ahad kemarin dilakukan Sendi bersama Abah Itoy, Kang Asep (budayawan), Camat Cisaat, dan pemesan golok tersebut. "Proses pembuatannya kurang lebih 45 hari dan beratnya diperkirakan 350 kilogram," ujar Sendi.

REPORTER: CRP/GIANNI FATHIN RABBANI

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur