Light Dark

Rp 430 Juta, Disperkim Bangun Sarana Sanitasi Cijemlong di Surade Sukabumi

Sehat | 13 Aug 2022, 18:35 WIB
Disperkim atau Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sukabumi, saat ini tengah membangun sarana kebersihan berupa sistem sanitasi di Kampung Cijemlong RT 03/01 Desa Buniwangi, Kecamatan Surade | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Disperkim atau Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sukabumi, saat ini tengah membangun sarana kebersihan berupa sistem Sanitasi di Kampung Cijemlong RT 03/01 Desa Buniwangi, Kecamatan Surade. Disperkim mengembangkan dan membangun Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat SPALD-T dan sambungan rumah atau SR.

Dari informasi papan kegiatan, pembangunan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus penugasan bidang Sanitasi tahun anggaran 2022, sebesar Rp. 430 juta. Waktu pelaksanaan 120 hari  kalender, dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Buniwangi, Kecamatan Surade.


Advertisement

Kepala Desa Buniwangi, Dadan Hermawan membenarkan ada pembangunan fasilitas Sanitasi oleh Dinas Perumahan Dan Permukiman Kabupaten Sukabumi. "Ya betul, itu program dari Dinas Perkim," katanya kepada Sukabumiupdate.com, Sabtu 13 Agustus 2022.

photoPapan informasi pembangunan fasilitas sanitasi di Desa Buniwangi Surade oleh Disperkim Kabupaten Sukabumi - (istimewa)

"Sejauh ini berjalan sesuai dengan rencana dan target selama 120 hari kalender," terangnya.


Advertisement

Dari informasi lanjut Kades, pengerjaan baru sebulan lebih, adapun luas  bangunan sekitar  6 meter  kali 11 meter. 

Baca Juga :

Melansir Kementerian PUPR, SPALD-T merupakan rangkaian kegiatan pengelolaan air limbah dengan prasarana dan sarana air limbah domestik yang dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat. Sistem ini juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas air baku.

SPALD menyalurkan air limbah dengan perpipaan ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Setelah itu, air keluaran IPAL baru dapat dibuang ke badan air penerima terdekat.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur