Light Dark

Dompet Dhuafa Atasi Paceklik Air Bersih Warga Cikawung Nagrak Sukabumi

Sehat | 13 Aug 2022, 14:50 WIB
Dompet Dhuafa membangun pipanisasi sumbangan para donatur agar air bersih yang selama ini sulit dijangkau bisa hadir ke rumah dan pemukiman warga Cikawung Nagrak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. | billie

SUKABUMIUPDATE.com - Masalah Air Bersih bagi warga Cikawung RT 03 RW 02 Desa Babakan Panjang Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, akhirnya teratasi. Dompet Dhuafa membangun pipanisasi agar Air Bersih yang selama ini sulit dijangkau bisa hadir ke rumah dan pemukiman warga Cikawung.

Sabtu, 12 Agustus 2022 Dompet Dhuafa meresmikan Program Air Untuk Kehidupan berupa pipanisasi di Kampung Cikawung. Peresmian fasilitas Air Bersih untuk warga di 2 RW di Kampung Cikawung ini juga dihadiri Camat Nagrak, Kepala Desa, serta perwakilan dari komunitas Pecinta Adventure Pangrango (Pecang), perwakilan donatur, dan puluhan masyarakat setempat.


Advertisement

Air Untuk Kehidupan adalah program permanen Dompet Dhuafa untuk membantu masyarakat yang mengalami paceklik air yang telah terealisasi di beberapa provinsi se-Indonesia.  

Di Sukabumi Jawa Barat, Cikawung merupakan program pertama. Ada 600 hingga 700 keluarga penerima manfaat dari program ini. 

photoDompet Dhuafa membangun pipanisasi sumbangan para donatur agar air bersih yang selama ini sulit dijangkau bisa hadir ke rumah dan pemukiman warga Cikawung. - (billie)


Advertisement

"Semoga program ini memberi manfaat yang optimal dan dengan melakukan kebaikan untuk masyarakat sehingga tidak ada lagi kisah masyarakat kesulitan mengakses air bersih," tutur General Manager Budaya dan Pendidikan Dompet Dhuafa, Herman Budianto saat memberi sambutan Sabtu (13/8/2022) 

Mewakili para donatur Dompet Dhuafa berharap program yang diresmikan hari ini bisa dirawat dengan baik agar manfaatnya bisa terus dirasakan oleh masyarakat setempat.

Baca Juga :

"Semoga program ini akan terus abadi sehingga selama air ini mengalir dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat bersama kebaikan dan pahala akan terus mengalir pula, kami percayakan pada masyarakat amanat yang dari para donatur agar bisa dirawat bersama sebaik-baiknya," pungkasnya.

Selama ini, banyak warga Cikawung mengambil sendiri Air Bersih ke sungai, menggunakan jerigen yang jaraknya jauh dari pemukiman. Dompet Dhuafa kemudian membangun fasilitas Air Bersih ini hingga ke tengah perkampungan, dari bak penampung, air kemudian mengalir ke rumah warga melalui banyak akses selang yang disediakan.

Image

Billie

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur