Light Dark

Menyambut Hari Kemerdekaan, Ketahui 9 Pahlawan Nasional Paling Fenomenal

Science | 14 Aug 2022, 10:00 WIB
Menyambut Hari Kemerdekaan, Ketahui 9 Pahlawan Nasional Paling Fenomel | Dok.civitasbook

SUKABUMIUPDATE.com - Gagasan dan tindakan para Pahlawan Nasional memiliki peran yang sangat penting dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita sebagai bangsa Indonesia tidak melupakan semua jasa mereka dan menjadikan keberanian mereka sebagai contoh yang patut untuk dijadikan teladan.


Advertisement

Dan untuk menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti, berikut kami rangkum sembilan Pahlawan Nasional paling Fenomenal yang kami lansir dari Suara.com.

Baca Juga :

1. Soekarno


Advertisement
photoPresiden Soekarno - (Dok. Arsip Nasional)

Soekarno diangkat sebagai Pahlawan proklamator pada tahun 1988. Selain menjabat sebagai presiden Indonesia pertama, Soekarno juga merupakan seorang aktivis kemerdekaan Fenomenal yang memberikan banyak kontribusi terhadap proses pembentukan landasan bangsa, yang kita kenal dengan Pancasila.

2. Tan Malaka

photoTan Malaka - (via: gramedia)

Tan Malaka banyak menyumbangkan gagasan-gagasan cemerlang dalam perkembangan tatanan kehidupan bangsa Indonesia. 

Salah satu karyanya yang paling Fenomenal adalah gagasan Madilog (Materialistik, Dialog, dan Logika). 

Selain itu, Ia juga merupakan tokoh pertama yang menentang antikolonialisme di Indonesia dan mencetuskan konsep ‘Negara Indonesia’ melalui bukunya yang berjudul Naar de Republiek Indonesia (1925). 

Pria bernama lengkap Ibrahim Gelar Datuk Sutan Malaka ini dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional pada tahun 1963.

3. Ki Hajar Dewantara

photoKi Hajar Dewantara - (Dok. LP3M Yogyakarta)

Ki Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa sebagai bentuk dedikasinya terhadap perkembangan sistem pendidikan di Indonesia.

Ia merupakan pelopor pendidikan bagi para pribumi di tengah sulitnya akses pembelajaran pada saat itu. 

Tokoh yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 1959 ini juga pernah menjabat sebagai menteri pendidikan nasional RI pertama.

4. Raden Adjeng Kartini

photoRaden Adjeng Kartini - (Dok.civitasbook)

RA kartini merupakan salah satu Pahlawan Nasional wanita yang paling fenomenal. Kisahnya bahkan telah diangkat dalam beberapa karya seni, seperti buku dan film. 

Tokoh emansipasi wanita Indonesia ini diangkat sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 1964.

5. Soedirman

photoSoedirman - (via: wikipedia)

Soedirman atau Sudirman (Ejaan Yang Dibenarkan) pernah menjabat sebagai Komandan Ketua Tentara Nasional Indonesia pada saat Revolusi Nasional.

Ia dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional di tahun 1964 sebagai bentuk penghargaan terhadap jasanya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serangan bangsa asing. 

Jasanya yang paling Fenomenal adalah ketika beliau memimpin perang gerilya melawan Belanda (Agresi Militer ke II) dalam keadaan sakit.

6. Mohammad Hatta

photoMohammad Hatta - (via: civitasbook)

Bapak koperasi Indonesia ini dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2012. Tidak hanya berperan sebagai Wakil Presiden RI pertama, Bung Hatta juga merupakan seorang aktivis kemerdekaan yang menanamkan banyak gagasan-gagasan penting dalam perjalanan sejarah Indonesia.

7. Sutomo

photoSutomo - (Dok.civitasbook)

Sutomo atau yang lebih dikenal dengan Bung Tomo merupakan seorang anggota militer yang memimpin perlawanan dalam pertempuran Surabaya. 

Beliau dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional pada 2008. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa Bung Tomo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

8. Sutan Sjahrir

photoSutan Sjahrir - (Dok.civitasbook)

Sutan Sjahrir merupakan seorang politisi yang menjabat sebagai perdana menteri Indonesia pertama. 

Sutan Sjahrir dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 1966. Kepandaiannya dalam berdiplomasi di kancah internasional berperan penting dalam mendesak Belanda untuk mengakui kedaulatan Indonesia.

9. Mohammad Yamin

photoMohammad Yamin - (Dok.civitasbook)

Penyair yang juga merupakan seorang politisi dan aktivis kemerdekaan ini merupakan salah satu perintis puisi modern Indonesia. 

Ia juga merupakan pelopor Sumpah Pemuda sekaligus pencipta imaji ke-Indonesia-an yang sangat berpengaruh dalam sejarah persatuan bangsa.

Mohammad Yamin dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 1973.

Itulah sembilan Pahlawan Nasional paling fenomenal. Nama dan tekad mereka akan selalu diingat dalam sejarah bangsa serta menjadi teladan bagi para penerusnya.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | THERESIA SIMBOLON

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah