Light Dark

Api dari Tungku Picu Kebakaran 2 Rumah di Ciemas Sukabumi

Sukabumi | 09 Aug 2022, 18:21 WIB
Kebakaran melanda dua rumah di Kampung Ciloa RT 003/005, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa (9/8/2022). | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran melanda dua rumah di Kampung Ciloa RT 003/005, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa (9/8/2022).

Warga Jenal Mutakim menyatakan, bencana tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Kebakaran, kata Jenal disebabkan api dari sisa pembakaran di tungku atau hawu. "Yang pertama mengalami Kebakaran adalah rumah pak Soli, lalu merembet ke rumah yang satu lagi," kata Jenal.


Advertisement

Baca Juga :

Puskesos Desa Ciwaru, Jajang Nurjaman mengatakan dua rumah yang terbakar adalah rumah semi permanen ukuran 8 X 7 meter milik M Soli (80 tahun) dan satu lagi rumah permanen ukuran 6 X 12 meter milik Mulyana (39 tahun). 

"Kedua rumah mengalami kerusakan berat. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, sementara penghuni rumah dievakuasi ke rumah saudaranya," jelasnya.


Advertisement

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Idrus Stansyah mengatakan kejadian berawal setelah pemilik rumah selesai memasak untuk kebutuhan makan siang. 

"Pemilik rumah mengira tungku yang tadi baru selesai masak sudah mati ternyata bara api mengeluarkan percikan yang mengenai kayu bakar yang berada berdekatan dengan tungku sehingga merambat pada dinding yang sebagian dinding dapur terbuat dari bilik dan kayu maka terjadilah kebakaran," ujarnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur