Light Dark

Seren Taun Akbar Pulosari Sukabumi, Warga Berebut Hasil Bumi

Sukabumi | 08 Aug 2022, 16:01 WIB
Warga Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi dalam pawai sedekah bumi atau ruwat bumi, Senin (8/8/2022). Pawai menjadi salah satu bagian dari acara Seren Taun Akbar. | Billie

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi berbondong-bondong mengikuti pawai sedekah bumi atau ruwat bumi, Senin (8/8/2022). Pawai menjadi salah satu bagian dari acara Seren Taun Akbar dan Gema Muharram yang dilaksanakan pemerintah Desa Pulosari.

Sedekah bumi ini dilakukan dengan mengarak berbagai hasil pertanian dan perkebunan. Tiba di lokasi acara, tepatnya di halaman Kantor Desa Pulosari, hasil pertanian itu kemudian diserbu warga.


Advertisement

Baca Juga :

"Ini adalah bentuk rasa syukur dari masyarakat kepada Allah serta untuk berbagi, sehingga nanti siapapun yang mau membawa hasil bumi tersebut dipersilakan membawanya," ujar kepala Desa Pulosari, Dirja Miharja kepada sukabumiupdate.com

Selain pawai pawai sedekah bumi atau ruwat bumi diselenggarakan juga talk show dengan tema ‘Langkah-Langkah Mewujudkan Desa Wisata Berbasis Budaya dan Ketahanan Pangan’.

Talkshow menghadirkan anggota Komisi I DPR RI Ahmad Syaikhu, Perwakilan dari Kemdikbud Ristek Prof. Dr. Kamaludin serta Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata Dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Edy Wardoyo. 


Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Syaikhu menekankan beberapa hal agar Desa Pulosari bisa terangkat potensi wisata dan pertaniannya. 

"Saya ingin potensi pertaniannya lebih dikembangkan di sini, juga dari sisi konservasi harus dilakukan agar bisa jadi faktor pengendali lingkungan dan perlu ada pemanfaatan teknologi informasi untuk memasarkan hasil bumi dari desa ini secara digital," jelasnya.

Image

Billie

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur