Light Dark

Yatim Piatu, Remaja 16 Tahun Ini Sudah 2 Bulan Tidur di Samping Makam Ayah

Nasional | 07 Aug 2022, 23:59 WIB
Setelah jadi yatim piatu, BW kini hidup menggelandang, siang di jalanan dan malam tidur di samping makam ayah | akun instagram @@hariankopas

SUKABUMIUPDATE.com - Kisah remaja yatim piatu berusaha 16 tahun ini tengah jadi sorotan publik. Setelah ditinggal meninggal oleh kedua orang tuanya, BW kini hidup menggelandang, siang di jalanan dan malam tidur di samping makam ayah.

Ia adalah warga Boyolali, Jawa Tengah. Belakangan ini terungkap bahwa BW selama dua bulan terakhir tidur di makam ayahnya karena sudah tak lagi punya tempat untuk bernaung.


Advertisement

Kisah pilu ini diungkap akun Instagram @hariankopas, yang memperlihatkan potret BW sehari-hari. Berbekal tas ransel saat tengah malam tiba ia selalu datang ke TPU, dimana ayahnya dimakamkan.

Dalam video tersebut, terlahir barang-barang BW disimpannya di salah satu cungkup makam di kompleks TPU tersebut. 

Kekinian BW sudah direlokasi ke rumah singgah Dinas Sosial Kabupaten Boyolali. Ia lalu bercerita bahwa keputusannya tidur di TPU itu karena bingung akan tinggal di mana pasca meninggalnya sang ayah.

"Sudah bingung, tidak ada tempat lagi. Ya sudah saya tidur di situ, dekatnya (makam) bapak saya," ungkapnya, dilansir Suarajabar.id pada Minggu (7/8/2022).


Advertisement

Kompleks pemakaman umum itu sendiri berada di Klaseman, Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Sementara untuk menyambung hidup, BW bekerja sebagai pengamen dan pembersih kaca mobil di traffic light di Surowedanan, Boyolali.

"Sudah dua bulan lebih sedikit tidur di makam itu," tutur BW. Ia mengaku tak lagi punya siapa-siapa setelah ayah dan ibunya meninggal dunia, kendati sebenarnya ia anak bungsu dari 5 bersaudara.

Karena itulah, ia nekat tidur di samping pusara demi menemani sang ayah yang telah berpulang. "Ingin menemani bapak saya," katanya melanjutkan.

Selama tinggal di kompleks pemakaman tersebut, BW mengaku tidur di bagian cungkup. Ia juga sering membersihkan cungkup serta mencabuti rumput-rumput liar di makam bapaknya.

Warganet pun ikut dibuat terenyuh dengan kisah hidup BW. Tak sedikit yang mengecam sikap kakak-kakaknya hingga menelantarkan remaja yang masih di bawah umur seperti ini.

"Ya Allah nangis banget aku baca berita ini... tolong pemerintah setempat didik anak tersebut biar mendapatkan hak-hak di usia nya sekarang," komentar warganet.

"Emang itu Kaka-kaka nya pada kemana ? Tega banget itu Kaka-kaka nya," kata warganet.

"Gak tega baca beritanya,, semoga kelak kamu jadi orang sukses nak. Amiin," imbuh warganet lain.

"Semoga kakak nya membaca berita ini," timpal yang lainnya.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur