Anji Ikut Ampih Pare Ka Leuit, Seren Taun ke 443 Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi

Minggu 07 Agustus 2022, 20:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Penyanyi Erdian Aji Prihartanto atau biasa disapa Anji, mendapatkan kesempatan langka di Saren Taun ke 443 Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi. Bersama vokalis band Harapan Jaya Eddie Brokoli, Anji menemani Abah melaksanakan ritual Ampih Pare Ka Leuit.

Diperkirakan ribuan orang memadati kampung adat kasepuhan Sinar Resmi, Desa Sirna Resmi, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi untuk menyaksikan prosesi adat seren taun ke 443, pada Minggu, 7 Agustus 2022. Lima ribu tiket masuk disiapkan sebagai kuota kunjungan wisata budaya ini.

Tidak hanya masyarakat setempat, masyarakat luar atau wisatawan juga terus berdatangan, bahkan sejak beberapa hari sebelum acara adat dimulai. Rumah-rumah penduduk yang disewakan warga kampung adat kasepuhan Sinar Resmi, dipenuhi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri.

Saragosa Gia, putra pertama dari Abah Asep Nugraha, sesepuh kampung adat Kasepuhan Sinar Resmi mengatakan, acara adat seren tahun kali ini terasa sangat spesial. Dimana dua tahun sebelumnya, acara ini hanya bisa disaksikan oleh warga setempat dan tidak mengundang warga luar (wisatawan).

Dua tahun pandemi covid-19 berimbas pada tingkat kunjungan wisatawan ke Kasepuhan Sinar Resmi. Kebijakan pemerintah saat itu yang memberlakukan lock down. 

"Sekarang setelah ada pelonggaran kita bisa menjalankan acara adat seren taun dengan mengundang masyarakat luar juga tentu juga masih menjaga protokol kesehatan," kata pria yang akrab disapa Kang Jago tersebut kepada sukabumiupdate.com.

photoDua tahun dikunci pandemi covid-19, Seren Taun ke 443 Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi kali ini dipadati ribuan orang - (Dennis)</span

Diakuinya, antusias masyarakat luar ataupun wisatawan dalam acara adat seren taun kali ini sangat luar biasa.

"waktu Covid-19 kuota 1.000 stiker sebagai tiket masuk hanya untuk masyarakat setempat saja. Sekarang karena sudah ada pelonggaran kita menyiapkan stiker sekitar 5.000, dan di hari  Sabtu kemarin saja sudah lebih dari 1000 tiket masuk terjual," jelasnya.

Adapun makna dari acara seren taun, lanjut Jago, yakni untuk menjaga, memelihara dan merawat adat tradisi, adat istiadat setempat.

“Atau bahasa filosofinya ulah kabawa ku jukut usum, ulah la'as ku supana jaman, sehingga lebih ke ngaruat, ngarawat, ngarumat (Menjaga, memeliharan dan melestarikan) adat itu sendiri. Jadi jika tidak oleh kita, oleh siapa lagi," imbuhnya.

Baca Juga :

Anji dan Seren Taun Kasepuhan Sinar Resmi ke-443 Sukabumi, Ini Rundown Acaranya

Baca Juga :

Pantauan dilapangan dalam acara puncak seren taun ke 443 kasepuhan Sinar Resmi juga dipertontonkan sejumlah pertunjukan tradisional sunda, seperti kesenian Dog dog lojor, Laes, Debus, Seni tari tani hingga kesenian rengkong.

Juga terlihat dalam acara Ngangkat dan Ngejemput Abah Asep Nugraha, selain didampingi istri juga hadir pencipta lagu, penyanyi dan aktivis media sosial Erdian Aji Prihartanto atau biasa disapa Anji. Keduanya mengantar Abah Asep untuk melaksanakan upacara adat ampih pare ka leuit yang diiringi kidung buhun.

Selain atraksi budaya kasepuhan, Seren taun kali ini juga dimeriahkan aksi panggung penyanyi Anji yang dijadwalkan tampil pada Minggu malam. Sedangkan sehari sebelumnya, atau tepatnya pada Sabtu 6 Agustus 2022, acara seren taun ke 443 kasepuhan Sinar Resmi dimeriahkan oleh pentas kesenian wayang golek dengan dalang Dadan Sunandar Sunarya serta pentas kembang api.

Tak hanya itu, selama dua hari acara, seren taun ke 443 Kasepuhan Sinar Resmi juga dimeriahkan dengan turnamen bola voli.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa
Life29 Maret 2024, 11:11 WIB

6 Etika Ngobrol yang Membuat Anda Disenangi Banyak Orang, Ini Caranya

Terdapat beberapa sikap yang membuat seseorang disenangi banyak orang. Karena itu penting diketahui agar menjadi solusi kehidupan yang bermakna
Ilustrasi - Ada beberapa etika yang perlu diperhatikan saat ngobrol dengan orang lain terutama yang baru dikenal (Sumber : Pexels/Thirdman)
Food & Travel29 Maret 2024, 11:07 WIB

Cocok Jadi Sajian Lebaran, Intip Resep Bakso Sapi Ala Devina Hermawan! Kuahnya Super Gurih

Bakso Sapi dengan kuah super gurih ala Devina Hermawan ini tentu juga bisa jadi suguhan untuk tamu-tamu yang bersilaturahmi ke rumah Anda pada saat lebaran nanti.
Sajian lebaran untuk keluarga, resep Bakso Sapi kuah super gurih ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 11:00 WIB

5 Seni Berbicara yang Membuat Anda Berwibawa di Mata Orang, Yuk Buktikan!

Seni berbicara di hadapan orang lain rupanya ada tekniknya agar dipandang berwibawa. Jadi solusi bagi orang yang ingin dihormati dan disegani.
Ilustrasi. Seni berbicara agar berwibawa. Sumber foto : Pexels/Henri Mathieu-Saint-Laurent
Sehat29 Maret 2024, 10:59 WIB

5 Jenis Makanan yang Bisa Memperpendek Umur, Hindari Mulai Sekarang!

Terdapat jenis makanan yang rupanya bisa memperpendek umur. Karena itu penting menghindarinya agar bisa berumur panjang di masa depan
Ilustrasi - Makanan yang bisa memperpendek umur (Sumber : Pexels/Alexy Almond)
Food & Travel29 Maret 2024, 10:52 WIB

Segar Banget! Resep Es Kopyor Tanpa Kelapa, Nikmat Jadi Takjil Puasa

Minuman segar dan manis ini cara membuatnya juga mudah karena menggunakan bahan-bahan mudah dijangkau.
Minuman yang segar dan manis, resep Es Kopyor Tanpa Kelapa ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 10:46 WIB

5 Rahasia Cepat Kaya Orang China yang Bisa Ditiru dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang China identik dengan pribadi yang kaya dan pebisnis. Tentunya, di balik itu semua ad acara berpikir yang membuatnya sukses sampai tujuh turunan
Ilustrasi - Cara kaya ala orang China (Sumber : Pexels/RDNE Stock project)
Kecantikan29 Maret 2024, 10:45 WIB

5 Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Artikel ini akan mengulas beberapa tips dan trik untuk mengidentifikasi foundation yang tepat untuk kulit Anda, termasuk cara memilih warna yang sesuai, mengetahui tekstur foundation yang sesuai, dan memilih coverage atau tutupan yang sesuai dengan kulit.
Ilustrasi. Make Up. Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang. Sumber: pixabay.com