Light Dark

Seru! Lomba Bedug di Kebonpedes Sukabumi, Aksi Kakek 60 Tahun Sambut 10 Muharram

Musik | 07 Aug 2022, 19:15 WIB
Lomba tabuh bedug sambut 10 Muharram di Kebonpedes Sukabumi | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com  - 10 Muharam 1444 Hijriah yang jatuh pada Senin 8 Agustus 2022 jadi momen spesial bagi warga Kebon Pedes Kabupaten Sukabumi. Beragam perlombaanpun dilangsungkan dan tabuh Bedug jadi yang paling ditunggu.

Selain tabuh beduh, Sambut 10 Muharram, warga Kebonpedes menggelar berbagai lomba lainnya, mulai dari MTQ, Kaligrafi, Adzan hingga pidato. Seluruh kegiatan ini berlangsung pada pada Minggu, 7 Agustus 2022.


Advertisement

Penampilan tabuh Bedug menjadi yang paling ditunggu. Salah satunya aksi Udin (60 tahun) dan kawan-kawan, warga Kampung Ranji RT 04/01. 

"Bapak mah kuat 2 jam juga tanpa henti-henti, sejak kecil suka nabuh bedug, kemarin juga pas lagi pawai 1 muharam keliling di sini hampir 2 jam lebih, ini ikut memeriahkan saja sambut 10 Muharam," ujarnya saat ditanya sukabumiupdate.com

Baca Juga :


Advertisement

Sementara itu Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandani mengatakan, ada 9 RW yang mengikuti perlombaan tabuh Bedug yang menjadi budaya setiap tahunnya.

"Dalam perlombaan tabuh Bedug ini para peserta harus mengikuti peraturan dari panitia.  Yaitu minimal 3 orang, terus nabuh Bedug paling sebentar 15 menit, bebas kalau ketukannya, hadiahnya uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan," kata Dadan

Dalam menyambut 10 Muharam ini, kata Dadan selain menyelenggarakan beberapa perlombaan pihaknya juga memberikan santunan kepada 150 anak yatim dan 129 panti jompo

"Puncak kegiatan akan ditutup dengan pawai obor hingga tablig akbar di bale sawala. Kegiatan ini untuk menyambut Gebyar Muharam, selain santunan anak yatim dan jompo. kita juga memberikan apresiasi kepada mantan kepala desa dan kepala dusun yang sudah membangun Desa Kebonpedes," tandasnya.

Image

Riza

Image

Fit NW

Redaktur