Light Dark

Bahaya Main HP saat Dicas, Belajar dari Kasus Meninggalnya Siswa SD di Ciamis

Gaya Hidup | 05 Aug 2022, 19:30 WIB
(Ilustrasi) Bahaya mengoperasikan HP saat dicas | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar meninggalnya seorang siswa SD di Ciamis yang diakibatkan oleh HP (Handphone) meledak Rabu (3/8/2022) langsung menggegerkan masyarakat. Dilaporkan bahwa bocah berinisial H tersebut diduga memainkan ponsel saat Dicas sehingga mengakibatkan baterainya meletup keras.

Hal tersebut tentu menjadi pelajaran untuk kita agar tidak mengalami hal yang sama, apalagi banyak pemilik HP yang mengoperasikan gadget miliknya sambil dicas.


Advertisement

Banyak yang bertanya-tanya mengenai potensi meledaknya ponsel saat dioperasikan dalam keadaan pengisian daya (charging).

Lantas, seberapa Bahaya main HP saat dicas? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Suara.com.

1. Berpotensi Terjadi ledakan

Berkaca kepada musibah yang dialami oleh H, ponsel atau HP dapat meledak jika dioperasikan dalam keadaan pengisian daya.

Mengutip penjelasan tabloid teknologi PC Mag, biang kerok HP meledak saat Dicas adalah baterainya.


Advertisement

Umumnya, baterai ponsel mengandung logam lithium ion yang bisa diisi ulang menggunakan aliran listrik. Sederhananya, cara kerja baterai berbahan logam tersebut menggunakan prinsip keseimbangan elektroda positif dan negatif.

Jika proses tersebut terganggu, maka baterai beserta komponen HP lainnya dapat mengalami kerusakan hingga terjadi arus pendek. Panas yang diakibatkan oleh gangguan tersebut akhirnya tak bisa tertahan dan komponen di dalam HP pecah.

Adapun gangguan terhadap proses pengisian daya salah satu biang keroknya adalah pemakaian saat dicas.

photo(Ilustrasi) Orang tua wajib waspada. Kejadian di Ciamis Jawa Barat ini cukup tragis, dimana seorang siswa SD meninggal dunia akibat Hp (handphone) meledak - (pixabay)

2. Bisa sebabkan aliran listrik menjalar ke tubuh

Selain meledak, aliran listrik dari charger dapat mengalir ke tubuh melalui ponsel jika terjadi kesalahan. Sebab, terjadi perbedaan muatan listrik positif dan negatif antara tubuh dan sumber listrik.

Pada kasus tertentu seperti saat adanya kerusakan pada ponsel, maka aliran listrik tersebut akan menjulur ke tubuh sehingga mengakibatkan pengguna kesetrum.

3. Mengurangi usia baterai

Situs resmi produsen perangkat gaming, Rexus menjelaskan bahwa main HP saat Dicas juga akan membuat pengisian daya lebih lama. Hal tersebut terjadi karena begitu daya disimpan ke dalam baterai, daya akan langsung terpakai karena HP dimainkan.

Jika itu dibiasakan, maka usia baterai akan semakin berkurang. Maka, baterai tidak akan tahan lama dan akan cepat rusak.

Itu lah segudang Bahaya main HP saat dicas. Hilangkan kebiasaan tersebut karena bahaya-bahaya di atas bisa merugikan pengguna bahkan menimbulkan insiden serius seperti ledakan.

SUMBER: SUARA.COM/Armand Ilham

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran