Light Dark

Beredar Hoaks 6 Dokter Meninggal Akibat Vaksin Covid-19 Dosis Keempat

Cek Fakta | 04 Aug 2022, 16:43 WIB
(Foto Ilustrasi) Beredar unggahan hoaks di Twitter yang mengeklaim enam dokter di Kanada meninggal dunia mendadak akibat vaksin Covid-19 dosis keempat. | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebut beredar sebuah unggahan hoaks di media sosial Twitter yang mengeklaim bahwa enam dokter di Kanada meninggal dunia mendadak akibat vaksin Covid-19.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di laman resminya pada Rabu, 3 Agustus 2022, menyatakan unggahan tersebut mengatakan enam dokter itu meninggal dunia dalam dua pekan terakhir karena suntikan vaksin Covid-19 dosis keempat.


Advertisement

Padahal, dilansir dari medcom.id, klaim enam dokter di Kanada meninggal mendadak dalam dua pekan terakhir karena suntikan vaksin Covid-19 dosis keempat adalah tidak benar. Kementerian Kominfo menyebut informasi ini sebagai hoaks.

Sebab faktanya, kematian sejumlah dokter tersebut tidak ada kaitannya dengan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua.

Dr Lorne Segall meninggal pada 18 Juli 2022 karena kanker paru-paru, dr Stephen McKenzie meninggal pada 18 Juli 2022 karena sakit parah dan sudah menutup permanen tempat praktiknya, dan dr Jakub Sawicki meninggal karena kanker perut yang diderita sejak Agustus 2021.


Advertisement

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur