Light Dark

Kemitraan FKDB dan Polri, Ayep Zaki Panen Jagung di Purabaya Sukabumi

Produk | 03 Aug 2022, 10:53 WIB
FKDB dan Polri panen jagung di Kampung Padaringan RT 09/02, Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Program ekosistem pertanian FKDB hasil kemitraan Polri dengan FKDB dalam rangka ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, khususnya wilayah Sukabumi, Jawa Barat, terus memperlihatkan hasil dan manfaatnya bagi publik terutama mitra petani.

Hasil budi daya jagung hibrida dari mitra petani di wilayah Kampung Padaringan RT 09/02, Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang ditanam dilahan seluas 2 Ha pada akhir Maret 2022 lalu, akhirnya dapat dirasakan hasilnya oleh mitra petani dan masyarakat sekitar dalam panen pada Selasa, 2 Agustus 2022.


Advertisement

Pelaksanaan panen jagung hibrida ini dihadiri langsung Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs M Agus Pranoto, Kabag Opsnalev Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Bharata Indrayana, Kasubditbinpolmas korbinmas bahrkam Kombes Pol Iwan Setyawan, Kasatbinmas Polres Sukabumi AKP Iji Djubaedi, serta Pendiri FKDB Ayep Zaki, yang juga selaku penggagas program ekosistem pertanian, Penasehat FKDB-Widodo Siswohadi dan Divisi Pertanian FKDB.

Baca Juga :

Dalam sambutannya, Suwondo menyampaikan bahwa Polri bersama FKDB yang merupakan salah satu forum di bawah koordinasi Korbinmas Polri, melakukan pembinaan terhadap petani, salah satunya melalui pertanian jagung

“Ini adalah bentuk kemitraan antara polri dan FKDB dan juga masyarakat, di mana kami mencoba membangun sebuah kerja sama dalam penanaman jagung. Kita membuat sebuah siklus, dari mulai tanamnya sampai penjualannya, sehingga petani itu yakin bahwa apa yang ditanam, dapat dibeli dengan harga yang memang pantas, sehingga memberikan kesejahteraan kepada petani,” ujar Suwondo


Advertisement

Selanjutnya, Suwondo menyampaikan kembali bahwa perolehan bibit dan pupuk, itu menjadi tanggung jawab polri bersama kemitraan FKDB untuk mensuplai kepada petani agar petani fokus terhadap tugasnya yaitu menaman dan merawat tanaman.

Sementara, Ayep Zaki berterima kasih terhadap dukungan yang diberikan baik itu dari mitra petani maupun Baharkam Polri atas kelancaran program ekosistem pertanian ini.

“Saya mengucapkan syukur alhamdulillah, dari Baharkam Polri bersedia untuk terjun langsung ke lapangan, kemudian ada komitmen-komitmen ke depannya dan inilah yang kami tunggu. Insyaallah untuk kepentingan teknikal keberhasilan daripada produktivitas maupun kualitas jagung itu adalah wilayah FKDB yang akan mensupport. Petani siap bekerja dan ada lahannya, kemudian dari Baharkam Polri ada komitmen untuk memajukan ini. Mudah-mudahan ini bisa diperluas bukan hanya di Sukabumi tapi di Kabupaten-Kabupaten yang ada di Jawa Barat," kata Ayep Zaki.

SUMBER: SIARAN PERS

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur