Light Dark

Peneliti Temukan Lubang Alien Misterius di Dasar Laut

Science | 01 Aug 2022, 21:00 WIB
Peneliti Temukan Lubang Alien Misterius di Dasar Laut | NOAA

SUKABUMIUPDATE.com - Para Peneliti lautan telah menemukan serangkaian Lubang alien Misterius yang berjajar sempurna di Dasar Laut kira-kira 1,6 mil (2,6 kilometer) di bawah permukaan laut.

Namun, mereka tidak mengetahui siapa atau apa yang membuat Lubang alien Misterius tersebut. 


Advertisement

Lubang Misterius dan aneh itu ditemukan oleh awak kapal Okeanos Explorer National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) saat mereka menyelidiki Mid-Atlantic Ridge, sebuah wilayah Dasar Laut yang sebagian besarnya belum dijelajahi.

photoLubang Misterius - (NOAA)

Lubang-lubang tersebut membentuk garis lurus dan muncul pada jarak yang berulang secara teratur dan dikelilingi oleh gundukan kecil sedimen. 


Advertisement

Baca Juga :

Penemuan itu pun sebenarnya bukan merupakan yang pertama kalinya, sebab dua ilmuwan kelautan dari US National Marine Fisheries Service juga melihat Lubang misterius di Dasar Laut selama penyelaman pada tahun 2004.

"Lubang-lubang ini sebelumnya telah dilaporkan dari wilayah tersebut, tetapi asal-usulnya masih menjadi misteri," tulis para Peneliti NOAA, seperti dikutip dari livescience.com, Senin (1/8/2022).

Pada tahun 2004, para ilmuwan mengusulkan bahwa organisme yang hidup di atau menyaring sedimen Dasar Laut membuat lubang, tetapi karena tidak ada yang melihat makhluk seperti itu membuat lubang, asal-usul pastinya tidak diketahui. 

Spekulasi publik di bawah halaman Facebook posting NOAA sangat beragam — dari retakan di permukaan lantai yang dibuat oleh gas yang keluar, hingga kerajinan manusia bawah air yang menggali harta karun, hingga semut, alien, dan bahkan bintang Laut yang melakukan jungkir balik.

Misteri yang belum terpecahkan ini mengingatkan kita pada ‘jalan bata kuning’ bawah air ke Atlantis yang ditemukan oleh penjelajah Laut di puncak gunung bawah Laut dekat Hawaii pada bulan Mei. 

Para ilmuwan menjelaskan penemuan itu - mereka menduga bahwa pemanasan dan pendinginan Dasar Laut di beberapa letusan gunung berapi menciptakan jalur yang aneh.

Apa yang menciptakan lubang, di sisi lain, mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk diketahui. 

Para Peneliti akan terus menjelajahi wilayah tersebut hingga September sebagai bagian dari ekspedisi Voyage to the Ridge 2022.

Penjelajahan tersebut bertujuan untuk memetakan terumbu karang dan habitat spons di kawasan itu bersama dengan mempelajari ventilasi hidrotermal di kawasan itu dan zona rekahan dan keretakan. Mungkin jika mereka beruntung, mereka mungkin akan menangkap pembuat Lubang yang sedang beraksi.

Baca Juga :

SOURCE: LIVESCIENCE

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah