Light Dark

Situs Diblokir Kominfo? Kenali Dulu Bahaya Sebelum Gunakan VPN Gratis

Aplikasi | 01 Aug 2022, 18:15 WIB
(Ilustrasi) VPN. | via TechCrunch

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah situs diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai dari PayPal, Steam, hingga Dota2 membuat para penggunanya memikirkan berbagai cara untuk bisa mengaksesnya. Salah satunya dengan bantuan VPN gratis agar tetap bisa mendapat akses situs atau platform yang diblokir tersebut.

Menyadur dari suara.com, pemblokiran situs-situs ini dimulai sejak Sabtu (30/7/2022) dengan alasan sejumlah platform tersebut tidak mendaftar program Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE). 


Advertisement

Langkah tersebut meramaikan jagat twitter hingga masuk jajaran trending topic.

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) Penggunaan VPN gratis nyatanya berbahaya. - (via privacytutor.net)

Namun, penggunaan VPN gratis nyatanya berbahaya dan berikut daftar kerugian yang bisa kamu dapatkan.


Advertisement

1. Data Pribadi Rentan Dicuri

Bahaya menggunakan VPN terlebih yang tanpa biaya rupanya membuat data-data pribadi pengguna rentan direkam oleh penyedia layanan VPN setiap kali melakukan aktivitas.

Buruknya lagi, banyak penyedia VPN tidak kredibel dan enggan bertanggung jawab setelah mencuri semua data-data pribadi pengguna. Informasi ini bisa saja dijual, dibajak (hack), atau dimanfaatkan untuk kejahatan.

2. Sarang Penipuan

Sehubungan dengan informasi pribadi yang terekam pada VPN, kemungkinan besar bisa dimanfaatkan sebagai kejahatan cyber berupa penipuan. Nantinya, korban akan menganggapmu pelaku lantaran data yang dipakai menipu adalah milikmu.

Biasanya, di dalam ponsel terdapat data pribadi seperti alamat email, nomor ponsel, hingga informasi penting lainnya. Nah, kamu akan menerima tawaran yang merupakan penipuan dari pesan sms, WhatsApp, atau email. Maka, perlu diwaspadai.

3. Koneksi Internet Melemah

Bahaya menggunakan VPN khususnya yang gratis adalah dapat membuat koneksi internet menjadi lambat. Dengan kata lain, penerapannya justru dapat mengganggu aktivitas ponsel.

Perlu diketahui bahwa akses VPN bekerja dengan cara menambah jalur lalu lintas data baru agar dapat mengakses berbagai situs yang aksesnya diblokir. Seperti halnya PayPal hingga Dota yang resmi diblokir Kominfo.

Nah, semakin banyak jalur lalu lintas data yang dibuka, maka akan semakin lambat pula ponselmu untuk mengakses situs-situs yang kamu tuju itu.

4. Penyadapan Data Perbankan

Lemahnya sistem keamanan ketika menggunakan VPN membuat data perbankan milikmu sangat rentan untuk disadap, dicuri, dan disalahgunakan oleh orang lain.

Terbukti sudah sering terjadi kasus pembobolan yang diakibatkan oleh penggunaan VPN gratis. Untuk itu, hindari penggunaanya demi keamanan data perbankan-mu.

5. Serangan Malware

Rupanya gangguan malware juga termasuk sebagai salah satu bahaya menggunakan VPN. Pasalnya, pemakaian VPN terlebih yang tanpa biaya berisiko mengalami serangan malware, di mana sistem keamanan internet semakin lemah.

Malware sendiri merupakan istilah untuk virus berbahaya yang menyebar di internet. Ini dapat menyerang perangkat apapun dan siapapun yang terhubung dengan internet.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Noity