Light Dark

Perbedaan Layar Smartphone AMOLED vs OLED

Gadget | 01 Aug 2022, 06:00 WIB
Hampir semua smartphone kini telah memakai teknologi layar AMOLED maupun OLED. | via tech-society.com

SUKABUMIUPDATE.com - Istilah AMOLED dan OLED tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tipe Layar yang mulai banyak digunakan pada Smartphone kekinian, selain IPS dan TN. Namun apa perbedaan AMOLED vs OLED dan mana yang lebih bagus?

Dikutip dari hitekno.com (portal suara.com), hampir semua gadget kini telah memakai teknologi Layar AMOLED maupun OLED. 


Advertisement

Hampir semua Smartphone Samsung telah menggunakan Layar AMOLED dan Super AMOLED. Sedangkan Apple salah satu pesaing Samsung menggunakan Layar OLED.

Keduanya antara AMOLED dan OLED adalah jenis Layar terbaik dari beberapa jenis Layar seperti IPS atau TFT. 

Secara umum baik Layar AMOLED atau OLED sama saja, karena keduanya memiliki karakteristik yang hampir sama.

OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode yang artinya sebuah Layar yang memiliki panel. Sedangkan AMOLED adalah Active Matrix Organic Light Emitting Diode yang merupakan pengembangan Layar OLED. Jadi sudah jelas kan bahwa jenis AMOLED lebih beri dibandingkan tipe OLED.


Advertisement

Lalu apa perbedaan dari AMOLED vs OLED? Berikut perbedaan AMOLED vs OLED.

Baca Juga :

Perbedaan AMOLED vs OLED

photoHampir semua gadget kini telah memakai teknologi layar AMOLED maupun OLED. - (via tech-society.com)

Memiliki karakteristik yang hampir mirip, perbedaan AMOLED vs OLED berada jenis layar. AMOLED memiliki backlight sedangkan di OLED tidak ada. 

Perangkat OLED adalah perangkat solid-state sederhana yang terdiri dari lapisan tipis senyawa organik dalam lapisan electroluminescent di mana listrik dihasilkan.

Senyawa organik ini hadir di antara lapisan pelindung kaca atau plastik. AMOLED terdiri dari matriks aktif piksel OLED bersama dengan lapisan TFT tambahan. 

Lapisan ekstra ini bertanggung jawab untuk mengontrol aliran arus di setiap piksel Jika diperhatikan AMOLED hemat daya, maka OLED lebih hemat daya lagi.

OLED bisa menciptakan satu warna konsisten meskipun dalam sebuah ruangan. Ukuran Layar OLED sendiri bisa lebih tipis dari QLED dan sangat hemat daya. 

Sementara AMOLED dapat menampilkan tampilan Layar yang lebih jernih dibanding teknologi display lainnya termasuk OLED. Selain itu, view angle AMOLED juga lebih baik jika dibanding display lainnya.

Selain itu, AMOLED juga dapat membuat pergerakan gambar jauh lebih halus karena respon dan refresh rate yang jauh lebih baik. 

Menggunakan Smartphone dengan AMOLED bisa dibilang benar-benar memanjakan mata. Jadi, berdasarkan poin yang disebutkan di atas, kamu bisa mempertimbangkan ingin memilih gadget dengan Layar AMOLED atau OLED.

Keduanya bagus, menawarkan kinerja luar biasa, dan disesuaikan sesuai kebutuhan kamu. Layar AMOLED memiliki kualitas lebih tinggi daripada OLED karena memiliki lapisan tambahan dan menggunakan teknologi backplane. 

Jika dibandingkan dengan Layar OLED, Layar AMOLED jauh lebih fleksibel. Akibatnya, harganya jauh lebih mahal daripada Layar OLED.

Itulah perbedaan AMOLED vs OLED dua tipe panel yang banyak digunakan oleh smartphone.

SUMBER: SUARA.COM | HITEKNO.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Noity