Light Dark

Saingi NASA, China akan Bangun Teleskop Canggih 2,5 Miliar Pixel

Science | 25 Jul 2022, 21:19 WIB
(Ilustrasi) Teleskop Xuntian buatan China yang diklaim mampu menangkap citra luar angkasa lebih baik daripada teleskop buatan NASA Amerika Serikat. | via sciencetimes.com

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga Antariksa China berencana untuk melampaui NASA lewat pengembangan Teleskop luar angkasa besarnya sendiri pada 2024. Tujuannya meningkatkan perlombaan antariksa melawan Amerika Serikat.

Melansir dari suara.com, pihak China mengklaim bahwa teknologi pada Teleskop terbarunya akan dapat melihat alam semesta lebih banyak lagi jika dibandingkan dengan Teleskop milik NASA.


Advertisement

Gagasan ini muncul di tengah meningkatkan ketegangan antara kedua negara di industri luar angkasa.

Baca Juga :

photoTeleskop James Webb milik NASA yang menjadi generasi penerus teleskkop Hubble. - (nasa.gov)

Bill Nelson, pemimpin NASA baru-baru ini menyatakan bahwa China membuka Pusat Intelijen Luar Angkasa Nasional beberapa bulan yang lalu.


Advertisement

Sebagai tanggapan, China menuduh balik Amerika Serikat sebagai dalang pembuat luar angkasa menjadi arena medan perang dan adu senjata.

"Untuk mencapai strateginya, Amerika Serikat secara agresif mengembangkan dan mengerahkan berbagai senjata luar angkasa ofensif serta sering mengadakan latihan militer dan memajukan pembangunan dan kesiapan militer di luar angkasa," kata Zhao Lijian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, seperti dikutip dari The Sun pada Senin (25/7/2022).

Saat ini, Teleskop Luar Angkasa Xuntian China sedang dalam masa pembangunan dan diharapkan akan selesai pada akhir tahun.

Teleskop tersebut dijadwalkan akan diluncurkan pada 2023 dan beroperasi pada 2024.

Li Ran, ilmuwan proyek dalam misi pembangunan Teleskop tersebut menggunakan analogi memotret sekawanan domba untuk membandingkan kehebatan Xuntian dibandingkan dengan Teleskop Hubble milik NASA.

"Hubble mungkin melihat seekor domba, tetapi CSST melihat ribuan, semuanya dengan resolusi yang sama," ucap Li Ran.

Teleskop tersebut akan dibekali dengan teknologi kamera 2,5 miliar piksel yang mampu mengamati hingga 40 persen bidang langit selama 10 tahun. Ini akan menjadi Teleskop luar angkasa besar pertama di China.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Noity