Desain Tugu Adipura Direvisi, Fahmi Share Gambar Pedestrian Balai Kota Sukabumi

Senin 18 Juli 2022, 22:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Perencanaan dan Pembangunan daerah atau Bappeda Kota Sukabumi menegaskan saat ini pemerintah daerah bersama forum CSR tengah mempercantik ruang publik. Terbaru yang tengah digarap adalah tugu adipura dan pedestrian Balai Kota Sukabumi.

Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah menjelaskan, tahun ini pemkot berupaya mempercantik wajah kota khususnya pembangunan yang terintegrasi dengan Lapang Merdeka. "Saat ini kami tengah mempercantik Tugu Adipura yang memang terintegrasi dengan Lapang Merdeka," kata Reni saat ditemui di kantornya, Senin (18/7/2022). 

Reni menjelaskan, anggaran pembangunan Tugu Adipura dari dana Corporate Social Responsibility atau (CSR) Yogya Dept Store, sebesar Rp200 juta. 

"Dana pembangunan tugu Adipura ini membutuhkan anggaran kurang lebih Rp400 juta. Pengerjaan tahap satu didanai CSR dan tahap duanya dari APBD jadi total Rp400 juta," lanjut Reni.

Dalam kesempatan ini, Bappeda ingin meluruskan informasi yang beredar sebelumnya di sukabupdate.com. Dimana dalam berita sebelumnya, Ketua Forum CSR Kota Sukabumi Ahmad Farid membagikan desain awal dan menjelaskan bahwa pada semester satu ini ada dua perusahaan yang menyalurkan CSR, untuk pembangunan tugu adipura dan pedestrian balai kota.

Menurut Reni, desain tugu adipura masih dilakukan revisi. Ia menyebut desain yang beredar itu merupakan DED awal pengajuan rencana pembangunan. 

"Kita melakukan revisi dan itu mungkin desain itu adalah desain awal yang kita ajukan untuk permohonan csr gitu ya, di dalam desain itu kan ada beberapa hal yang mungkin dikoreksi oleh unsur-unsur teknis bahwa ada beberapa tempat kita memperhatikan masalah keselamatan atau apa yang lain kita akan revisi dan revisi, Nanti kalau sudah selesai kita akan share untuk revisi desainnya," bebernya. 

Selain tugu adipura, Pemkot juga saat ini tengah membangun pedestrian depan Balai Kota Jalan R Syamsudin SH yang anggaran sebesar Rp 934 juta dari CSR Bank Jabar Banten (BJB).

photoWalikota Sukabumi Achmad Fahmi membagikan DED pedestrian depan Balai Kota di Jalan R Syamsudin SH. - (akun instagram)</span

"Karena pembangunan di Jalan R Syamsudin SH ini membutuhkan anggaran lebih, rencananya juga akan ditambah menggunakan anggaran yang bersumber dari bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat, selain itu kita juga akan melakukan pedestrian di ruas Jalan A Yani Segmen 4 dan jalan suryakencana," tuturnya. 

Reni menargetkan, pada akhir 2022 ini semua pembangunan tersebut dapat terselesaikan dengan baik. "Kami yakin pada akhir tahun semua pembangunan dapat terselesaikan," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Forum CSR Kota Sukabumi Ahmad Farid mengatakan, Dalam pelaksanaan pembangunan Tugu Adipura dan pedestrian depan Balai Kota Jalan R Syamsudin SH pihaknya hanya sebagai pelaksana yang difasilitasi oleh Bappeda. 

"Jadi Forum pelaksana CSR itu tidak berdiri sendiri, jadi ada tim yang memfasilitasi supaya sinkron antara perencanaan Kota dengan Forum jadi harus satu arah dengan rencana pembangunan Kota," singkatnya. 

Baca Juga :

Dalam rangka menata dan mempercantik pusat kota kita, saat ini di kawasan Balai Kota sedang dilakukan proses pembangunan pedestrian dan ruas jalannya sehingga didesain menjadi satu kawasan dgn Dago yg telah lebih awal dilakukan perbaikannya.

Hari ini, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi membagikan DED pedestrian depan Balai Kota di Jalan R Syamsudin SH.

"Diharapkan dapat merubah tampilan wajah Balaikota menjadi lebih indah dan menjadi salah satu spot wisata sejarah; karena Balaikota kita merupakan heritage maka penataan yang saat ini sedang dilakukan sekaligus juga berupaya untuk mengembalikan bangunan yg pernah ada di masanya, yaitu tugu jam yang saat ini sudah hilang," kata Fahmi dalam akun instagram resminya 

"Mohon maaf kepada warga yang terganggu perjalanannya sementara waktu sampai dengan proses pembangunan selesai seutuhnya," tambahnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)