Light Dark

Awas Hoaks, Narasi Jokowi Tunjuk Ahok sebagai Menteri Perdagangan

Cek Fakta | 18 Jul 2022, 11:32 WIB
Beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan video beserta narasi hoaks tentang penunjukkan Ahok sebagai Menteri Perdagangan. | Instagram/basukibtp

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebut beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan video beserta narasi hoaks tentang penunjukkan Ahok sebagai Menteri Perdagangan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada Sabtu, 16 Juli 2022, menyatakan video dan narasi tersebut mengeklaim Presiden Jokowi menunjuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Mendag menggantikan Muhammad Lutfi.


Advertisement

Faktanya, Presiden Jokowi telah menunjuk Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Adapun dalam video yang beredar tidak ada pernyataan bahwa Ahok ditunjuk sebagai Mendag.

Selain itu, video tersebut merupakan video lama, ketika Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta bersama Ahok sedang wawancara dengan wartawan terkait pengajuan surat cuti gubernur untuk pencalonan presiden 2014 di Kantor Menteri Dalam Negeri.

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur