Light Dark

Fokus ke Mirrorless, Nikon Akan Berhenti Produksi Kamera SLR

Gadget | 12 Jul 2022, 20:45 WIB
(Ilustrasi) Nikon disebut akan berhenti memproduksi kamera SLR dan sebagai gantinya akan fokus pada kamera mirrorless | Unplash Carlos Derecichei

SUKABUMIUPDATE.com - Seiring semakin diminatinya jenis kamera Mirrorless menjadikan Kamera SLR (single lens reflex) mulai ditinggalkan, dan hal itu juga yang dilakukan salah satu brand Kamera dunia, Nikon.

Melansir dari Suara.com, Nikon disebut akan berhenti memproduksi Kamera SLR dan sebagai gantinya akan fokus pada Kamera mirrorless.


Advertisement

Seperti dilansir The Verge dari Nikkei, Selasa (12/7/2022), Nikon dikabarkan masih akan memproduksi dan menjual model-model Kamera SLR yang sudah beredar di pasaran. Tetapi disisi lain, Nikon hanya akan fokus mengembangkan kamera-kamera mirrorless.

Baca Juga :

Nikon sendiri adalah salah satu produsen Kamera SLR yang masih banyak digunakan oleh para fotografer profesional selama lebih dari 60 tahun terakhir.

Tetapi seiring perkembangan kamera Mirrorless yang kian pesat, dengan kualitas gambar yang semakin melesat, kepunahan Kamera SLR memang sudah tampak di depan mata. Belum lagi dengan semakin canggihnya kamera-kamera ponsel.


Advertisement

Pada Juni lalu Nikon mengumumkan menghentikan produksi dua Kamera DSLR andalannya, D3500 dan D5600. Ketika itu, perusahaan asal Jepang tersebut menjelaskan bahwa pihaknya akan fokus pada Kamera serta lensa kelas menengah atas saja.

photoZ6, salah satu kamera mirrorless Nikon - (Unplash Jan Kop?iva)

Menurut Nikkei, tahun 2021 kemarin Nikon menjual lebih dari 400.000 Kamera SLR di seluruh dunia.

Canon, pesaing utama Nikon, juga tampaknya mulai mundur perlahan dari pasar Kamera SLR. Pada 2021 lalu perusahaan itu mengumumkan bahwa Canon EOS-1D X Mark III akan menjadi Kamera DSLR premium terakhir yang diproduksi.

Saat mengumumkan rencana itu, Canon mengaku bahwa pasar saat ini sudah bergeser cepat ke kamera-kamera mirrorless.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran