7 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Selasa 12 Juli 2022, 11:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin semua orang sudah mengetahui jika ketumbar kerap kali digunakan sebagai bumbu masakan. Namun selain itu, apakah Anda sudah mengetahui jika manfaat ketumbar untuk kesehatan juga sangat banyak?

Manfaat tersebut didapatkan dari berbagai nutrisi yang ada pada ketumbar. Walaupun kecil namun kandungan nutrisi dalam ketumbar sangat banyak, sepeti vitamin A, C, K, zat besi hingga kalsium.

Nah sudah penasaran apa saja manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh? Yuk simak penjelasannya dibawah ini seperti yang dilansir dari tempo.co.

Baca Juga :

1. Dapat Menurunkan Gula Darah

photoIlustrasi Memeriksa Kadar Gula Darah - (Shutterstock)</span

Seperti yang diketahui, gula darah merupakan faktor terbesar dari adanya penyakit diabetes tipe 2. 

Melansir dari situs healthline, sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa pemanfaatan dari ekstrak biji ketumbar dapat mengurangi gula darah dengan meningkatkan aktivitas dari enzim glikogen sintase yang dapat mengurangi gula darah di dalam tubuh. 

Studi yang serupa juga menunjukkan bahwa manfaat ekstrak biji ketumbar dapat meningkatkan hormon insulin yang memiliki manfaat yang sama untuk mencegah diabetes.

2. Dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung

photoIlustrasi Cek Kesehatan Jantung - (Freepik)</span

Menurut webmd, tak hanya dapat menurunkan gula darah, manfaat lain dari ketumbar juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

Ketumbar dapat menjadi ‘diuretik’ alami bagi jantung, yaitu sebuah obat untuk membantu ginjal membuang cairan di dalam tubuh. 

Ketika cairan di dalam tubuh menjadi sedikit, secara otomatis jantung menjadi lebih mudah untuk memompa.

3. Dapat Tingkatkan Pencernaan Usus

photoIlustrasi Tingkatkan pencernaan Usus - (Freepik)</span

Dikutip dari jurnal The efficacy of an herbal medicine, Carmint, on the relief of abdominal pain and bloating in patients with irritable bowel syndrome, sebuah studi yang dilakukan selama 8 minggu dengan 32 responden yang memiliki penyakit usus besar diberikan obat yang mengandung ketumbar, menemukan bahwa manfaat obat tersebut secara signifikan dapat mengurangi sakit perut dan kembung dari para responden tersebut.

4. Dapat Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

photoIlustrasi Penuaan - (Pexels.com)</span

Berdasarkan situs webmd, di dalam tanaman ketumbar terdapat banyak sekali zat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. 

Antioksidan yang ada di dalam ketumbar bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas, mengurangi resiko kanker, dan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

5. Dapat Melindungi Otak

photoIlustrasi Melindungi Otan - (iStock)</span

Di beberapa penyakit yang dapat menjangkit otak, seperti Parkinson, Alzheimer, dan Multiple Sclerosis memiliki banyak hubungan dengan peradangan. 

Yang dimana, dikutip dari jurnal Preventive effect of Coriandrum sativum on neuronal damages in pentylenetetrazole-induced seizure in rats, menjelaskan bahwa ketumbar memiliki zat anti-radang yang dapat bermanfaat untuk melindungi otak dari bahaya penyakit-penyakit tersebut.

Tak hanya dapat menurunkan resiko peradangan, sebuah studi yang dilakukan terhadap tikus menemukan bahwa manfaat dari daun ketumbar dapat meningkatkan memori yang memungkinkan untuk mencegah Alzheimer.

Penelitian-penelitian pada hewan tersebut hampir menunjukkan bahwa ekstrak daun ketumbar memiliki keefektifan yang sama dengan Diazepam, obat anti kecemasan yang lazim digunakan.

6. Dapat Menjadi Menu Diet

photoIlustrasi Menu Diet - (Freepik)</span

Seluruh bagian dari tanaman ketumbar dapat dimakan, tetapi biji dan daun ketumbar memiliki rasa yang sangat berbeda.

Rasa dari biji ketumbar memiliki rasa yang sedikit pedas tetapi menghangatkan. Sedangkan daun ketumbar memiliki rasa yang tajam, seperti sabun, dan agak pahit.

Bji utuh dari ketumbar dapat ditambahkan ke makanan yang dipanggang, sayur dan acar, maupun sayuran yang dipanggang, sedikit memanggang biji ketumbar dapat melepaskan aromanya lalu selanjutnya dapat digiling untuk dimasukkan ke dalam bahan makanan.

Sementara daun ketumbar dapat digunakan sebagai hiasan pada sup, di dalam salad, saus salsa tomat, maupun hidangan mie. 

Daun ketumbar dapat dihaluskan dengan bawang putih, santan, dan jus lemon untuk membuat saus pasta pada burrito.

7. Dapat Turunkan Kolesterol

photoIlustrasi Kadar Kolesterol - (Shutterstock)</span

Tak hanya daun dan bijinya saja yang dapat bermanfaat untuk kesehatan, pemanfaatan air rendaman dari ketumbar pun memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

Sebuah jurnal dari penelitian Pemberian Air Rebusan Ketumbar terhadap Pengurangan Kadar Kolesterol pada Wanita di Desa Dinas Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, menunjukkan bahwa dari 30 responden yang memiliki riwayat penyakit kolesterol, 60 persen dari responden tersebut mengalami penurunan kadar kolesterol setelah diberikan air rebusan ketumbar.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | MUHAMMAD SYAIFULLOH

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)