Light Dark

Penjelasan Kenapa Timnas Indonesia Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

Bola | 11 Jul 2022, 15:45 WIB
Timnas Indonesia U-19 dipastikan gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah duel Thailand vs Vietnam berakhir imbang dengan skor 1-1 | Instagram/@pssi

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia U-19 mengakhiri babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan kemenangan 5-1 atas Myanmar. Hasil itu membuat Garuda Nusantara mengoleksi 11 poin, setara dengan Vietnam dan Thailand.

Namun, Timnas Indonesia U-19 dipastikan gagal lolos ke semifinal lantaran duel Thailand vs Vietnam berakhir imbang dengan skor 1-1.


Advertisement

Situasi itu membuat ketiga tim memiliki poin sama yakni 11. Namun, Piala AFF U-19 memiliki regulasi tersendiri untuk menentukan peringkat akhir suatu grup.

Baca Juga :

Melansir dari Suara.com, berikut penjelasan gagal lolosnya Timnas Indonesia U-19 ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski menjadi tim paling produktif di Grup A ajang sepak bola kelompok umur se-ASEAN itu.

Alih-alih mengedepankan jumlah selisih gol dan agresivitas gol, AFF menggunakan head-to-head antara tim-tim dengan poin sama untuk menentukan peringkat.


Advertisement

Lebih jelasnya, tiga tim di Grup A yakni Indonesia, Thailand dan Vietnam dibuatkan klasemen mini untuk menentukan peringkat akhir.

Jika menggunakan selisih gol, maka Indonesia (+15) yang akan lolos bersama Vietnam (+9) dan Thailand yang justru tersingkir (+6).

Namun, berhubung AFF mengedepankan head-to-head dalam menentukan peringkat, maka situasi itu secara tak langsung jadi kerugian bagi tim asuhan Shin Tae-yong.

Pasalnya, secara head-to-head, Timnas Indonesia cuma bermain imbang tanpa gol ketika menghadapi Vietnam dan Thailand. Sementara kedua negara yang disebutkan, mampu bermain imbang 1-1 dalam pertemuannya di Grup A.

Skema itu membuat klasemen mini menunjukkan Vietnam sebagai juara Grup A dengan dua poin, +0 selisih gol, dan 1 agresivitas gol. Sedangkan Thailand menduduki peringkat kedua dengan dua poin, +0 selisih gol dan +1 agresivitas gol.

photoPendukung Garuda Nusantara di Piala AFF U-19 2022 - (PSSI)

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-19 yang tak mampu mencetak gol dalam hasil imbang kontra dua tim di atas, harus menduduki peringkat ketiga atau terakhir dengan koleksi dua poin, +0 selisih gol dan +0 agresivitas gol.

Situasi itu membuat Timnas Indonesia U-19 harus tersingkir dari Piala AFF U-19 2022 sedangkan Vietnam dan Thailand yang menduduki dua besar berhak melaju ke babak semifinal.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong pun menyinggung penggunaan regulasi tersebut di Piala AFF U-19 2022. Dia merasa ketidak lolosan Indonesia tak masuk akal.

"Regulasi turnamen ini aneh karena AFF masih memakainya, padahal sudah tak digunakan FIFA dan AFC," ujar Shin dalam konferensi pers usai pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam.

"Jadi, ketidaklolosan kami ke semifinal tidak masuk akal!"

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran