Salat Idul Adha 1443 H Kota Sukabumi Dilaksanakan di Lapang Merdeka

Jumat 08 Juli 2022, 15:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Majelis Ulama Indonesia atau MUI Kota Sukabumi memastikan salat Idul Adha 1443 Hijriah akan dilaksanakan di Lapang Merdeka pada Ahad, 10 Juli 2022. Ketua MUI Kota Sukabumi KH Aab Abdullah akan menjadi khatib dan imam salat akan diisi Ustaz Wahyu Al-Ghozaliah.

Ketua I MUI Kota Sukabumi KH Apep Saefulloh mengatakan Sabtu , 9 Juli 2022, tim Badan Hisab dan Rukyat akan mengarahkan penentuan arah kiblat. Lapang Merdeka dipilih lantaran kapasitas Masjid Agung tak memadai. Keputusan ini juga didasarkan pada hasil rapat bersama panitia beberapa waktu lalu.

"Harus syiar dan memang kapasitas Masjid Agung tidak akan cukup. Seperti kemarin salat Idul Fitri, di Masjid Agung tidak cukup. Lapang Merdeka insyaallah cukup, karena biasanya sampai ke toko Kimia Farma, sampai ke jalan," kata KH Apep Saefulloh kepada sukabumiupdate.com, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga :

Tata Cara Salat Idul Adha di Rumah, Lengkap dengan Bacaan dan Artinya

Adapun hewan kurban yang disiapkan Dewan Kemakmuran Masjid atau DKM Masjid Agung Kota Sukabumi pada tahun ini adalah 15 sapi. Menurut KH Apep Saefulloh, 7 sapi akan dibagikan ke 7 kecamatan yang ada di Kota Sukabumi. Kemudian 5 sapi di Masjid Agung, dan sisanya dibagikan ke sejumlah pihak.

"Yang lainnya dibagikan ke LSM, tukang becak, dan lain-lain. Setiap kecamatan dapat satu sapi untuk dibagikan. Pemotongan hewannya di setiap kecamatan. Kalau yang di Masjid Agung, pemotongannya di rumah pemotongan Haji Aun dan dagingnya akan dibagikan ke warga sekitar," ucap dia.

KH Apep Saefulloh mengatakan sistem pembagian daging kurban tahun ini tidak akan memakain kupon. Ini karena pandemi Covid-19 belum selesai, apalagi muncul berbagai varian baru. Pertimbangan lainnya adalah tidak memungkinkannya Alun-alun Kota Sukabumi dijadikan tempat pembagian daging kurban.

"Menghindari kerumunan, karena setiap dilakukan Masjid Agung, ada saja yang pingsan atau ribut. Jadi diberi ke kecamatan dan di rumah pemotongan hewan," katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life21 Mei 2024, 12:30 WIB

7 Strategi Disiplin Balita yang Jarang Diketahui Orang Tua, Yuk Cari Tahu Bunda

Dengan hanya mengatakan “tidak” pada anak ketika melarang melakukan sesuatu, biasanya hal itu tidak selalu berhasil. Selain itu, sebagai orang tua perlu membuat mereka belajar untuk tidak kehilangan ketenangan dalam prosesnya
Ilustrasi strategi untuk membuat balita displin agar bisa menikmati masa pertumbuhannya (Sumber : Pexels.com/@Brettsayles)
Internasional21 Mei 2024, 12:29 WIB

Covid-19 di Singapura Melonjak Tinggi, Diprediksi Puncaknya Pada Juni 2024

Singapura dihadapkan dengan lonjakan Covid-19.
(Foto Ilustrasi) Singapura dihadapkan dengan lonjakan Covid-19. | Foto: Pixabay
Sehat21 Mei 2024, 12:15 WIB

10 Cara Untuk Menaikkan Kolesterol Baik Secara Alami, Turunkan Kadar LDL

Untuk bisa menurunkan kada LDL, diperlukan cara terbaik agar bisa menaikkan kolesterol di dalam tubuh. Lebih bagus lagi meningkatkannya secara alami seperti mengatur pola tidur dan gaya hidup sehat
Perlu lakukan 10 cara berikut ini agar kolesterol baik meningkat dan kadar LDL turun (Sumber : Freepik.com)
Bola21 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Main Kandang Lebih Dulu Lawan Madura United, David: Kami Harus Menang!

Persib Bandung siap jamu Madura United di leg pertama Final Championship Series.
Persib Bandung siap jamu Madura United di leg pertama Final Championship Series. (Sumber : X/@persib)
Sehat21 Mei 2024, 11:45 WIB

5 Aturan Diet Untuk Sembuhkan Asam Urat Ini Bantu Pulih Lebih Cepat

Dalam menyembuhkan asam urat diperlukan sikap yang baik dalam menjaga kesehatan, salah satunya dengan berdiet. Akan tetapi, diet juga harus dilakukan dengan aturan sesuai agar bisa mendapatkan hasil terbaik dan asam urat sembuh
Ilustrasi mematuhi 5 aturan diet asam urat ini agar pulih lebih cepat (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi21 Mei 2024, 11:34 WIB

Komisi IV DPRD Susun Raperda Penanganan PMKS di Kabupaten Sukabumi

Penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi PMKS meliputi pembinaan, penyuluhan dan sosialisasi, pendidikan dan pelatihan, serta pembinaan keluarga.
DPRD Kabupaten Sukabumi bersama DPRD Kota Bogor pada Senin, 20 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Life21 Mei 2024, 11:30 WIB

3 Cara Efektif Untuk Mendukung Kesehatan Mental Remaja yang Perlu Orang Tua Tahu

Kesehatan mental tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik bagi para anak remaja. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dan pengasuh untuk mendukung kesehatan mental remaja mereka.
Ilustrasi cara orang tua mendukung kesehatan mental remaja (Sumber : Pexels.com/@Kindelmedia)
Life21 Mei 2024, 11:15 WIB

Apakah Menyusui Memiliki Manfaat Kognitif Pada Anak? Simak Ulasan Berikut

Menyusui telah diyakini memiliki berbagai manfaat bagi anak, namun apakah berdampak juga pada kognitif anak karena kemampuan sangat penting untuk dimiliki si kecil sampai dewasa nanti
Ilustrasi seorang anak sedang menyusui yang diyakini memiliki manfaat kognitif (Sumber : Pexels.com/@Keiraburton)
Life21 Mei 2024, 11:00 WIB

Pikiran Jadi Tenang, 12 Cara Menghentikan Kebiasaan Overthinking yang Toxic

Perhatikan kapan mulai overthinking dan kenali pemicu-pemicunya. Menyadari bahwa Anda sedang overthinking adalah langkah pertama untuk mengatasi pikiran berlebihan yang toxic.
Ilustrasi. Cara Menghentikan Kebiasaan Overthinking yang Toxic (Sumber : Pexels/AntoniShkraba)
Sukabumi21 Mei 2024, 10:51 WIB

Dilarang! Pedagang Kucing-kucingan dengan Petugas di Pantai Pasir Putih Sukabumi

Siapa pun tidak boleh memasuki tempat ini kecuali untuk penelitian dan pendidikan.
Warung milik pedagang yang berdiri di Pantai Pasir Putih, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa