Light Dark

Perkenalkan Ini Alya Fauzia Shandy, Putri Nelayan Ujunggenteng 2022 Sukabumi

Figur | 05 Jul 2022, 20:43 WIB
Alya Fauzia Shandy (tengah) gadis asal Kampung Cimaja, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, terpilih sebagai putri nelayan Ujunggenteng 2022. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pemilih Putri Nelayan menjadi salah satu rangkaian acara dalam pelaksanaan hari nelayan Ujunggenteng ke-56 yang diselenggarakan di Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Dari seleksi yang dilakukan oleh panitia, Alya Fauzia Shandy, gadis asal Kampung Cimaja, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, terpilih sebagai Putri Nelayan Ujunggenteng 2022. 


Advertisement

Baca Juga :

Sebelumnya, panitia melakukan seleksi terhadap para pendaftar lalu mengumumkan 7 orang finalis pada 27 Juni 2022. 7 finalis itu adalah Siti Yulia, Tiawati, Alya Fauzia Shandy, Yosa Arsela, Tiara Rustina Alsal, Mona Wilda Marshela dan Ratu Diska Mulya Rizky Irawan.

Seleksi yang dilakukan mencakup pertanyaan dari dewan juri terkait wawasan kebudayaan, bidang bahari dan wisata, attitude, public speaking dan peserta menampilkan kreasi seni yang dimilikinya. 7 finalis selanjutnya akan menjalani karantina selama 2 hari 1 malam pada Jumat dan Sabtu, 1-2 Juli 2022 di Pondok Hexa.


Advertisement

Selama karantina peserta akan melakukan observasi lapangan atau wilayah. Rencana tempat yang akan dikunjungi adalah Tempat Pelelangan Ikan atau TPI, hutan lindung Tenda Biru, Bagalbatre, Sanggar Silat Macan Tutul Putri, dan Pokmaswas. Di lokasi tersebut finalis mewawancara narasumber sebagai bahan penulisan hasil observasi. 

Selanjutnya, finalis akan menerima materi tentang sosialisasi pedesaan, pendalaman karakter, pengembangan potensi, public speaking, dan attitude. Selama masa karantina, kata Ridho, finalis akan dinilai dari semua aspek kegiatan. Kemudian pada 4 Juli 2022 saat final, peserta akan mengemukakan hasil observasi mereka di hadapan seluruh nelayan.

Dari 7 finalis ini masuk tiga besar yaitu Alya Fauzia Shandy, Tiara Rustina dan Mona Wilda.

"Kami telah menentukan keluar sebagai Putri Nelayan Ujunggenteng tahun 2022, melalui tahapan tahapan yang telah dilakukan 7 finalis," kata panitia pelaksana, Ridho Losa kepada sukabumiupdate.com.

"Dari 7 finalis Putri Nelayan Ujunggenteng, keluar sebagai Putri Nelayan Ujunggenteng Alya Fauzia Shandy,” ujat Ridho.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur