10 Rumah dan 1 Masjid: Dampak Terjangan Banjir Rob di Pesisir Rawakalong Sukabumi

Senin 04 Juli 2022, 20:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Warga yang bermukim di sekitar Pantai Rawakalong, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, tetap bertahan di rumahnya kendati diterjang banjir rob akibat gelombang tinggi, Minggu, 3 Juli 2022. 

Berdasarkan data dari pemerintah Kelurahan Palabuhanratu, titik kerusakan paling parah gelombang tinggi berada di Kampung Rawakalong RT 01/32. Di lokasi ini terdapat 10 rumah milik warga yang terdampak bencana banjir rob. 

Baca Juga :

Rinciannya satu rumah jebol bagian dinding belakang, kemudian tujuh rumah dan sebuah masjid terendam banjir rob.

Gelombang tinggi dilaporkan mulai terpantau sejak Sabtu malam 2 Juli 2022. Peristiwa banjir rob atau puncaknya terjadi pada hari Minggu 3 Juli 2022 pukul 10.00 sampai dari 11.30 WIB. Ketinggian ombak diperkirakan 5 meter.

Meski pasca kejadian sudah ada imbauan agar mengungsi sementara untuk antisipasi kemungkinan gelombang besar susulan di malam hari, terpantau pada Senin sore (4/7/2022) mayoritas warga yang terdampak banjir rob memilih untuk bertahan di rumah.

Salah satunya Dede Reni (45 tahun). Ia awalnya sempat mengemas barang, namun memutuskan untuk tidak jadi mengungsi karena merasa gelombang ombak sudah mulai tenang. Meski begitu, Dede mengaku masih was was air laut kembali menggenangi rumahnya.

“Kalau kepikiran mah emang sih waswas, takutnya malam [kejadian gelombang tinggi],” ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Dia mengaku ada arahan dari pemerintah untuk pindah,namun dia memilih untuk bertahan. Yang ia minta kepada pemerintah yaitu bisa kembali membangun tembok beton pemisah pantai dengan pemukiman yang telah jebol oleh ombak besar.

“Kalau bisa mah bangun lagi tembok sama tanggul yang jebol,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta agar sampah yang berserakan di jalan imbas banjir kemarin bisa dibersihkan oleh pemerintah daerah.

“Apalagi disini akses wisata, takutnya di sampah yang berserakan itu ada pecahan kaca atau paku, kan bahaya, tolonglah dibersihin,” tuturnya.

Seusai kejadian, Dede mengaku langsung didata oleh kelurahan dengan dimintai KTP dan KK.

“Katanya bakal ada bantuan, tapi sampai sekarang sepotong roti juga ga ada. Bantuan sekecil apapun nantinya kami berterima kasih,” tandasnya.

Sementara itu, Lurah Palabuhanratu Hendri mengatakan, pada pukul 09.00 WIB Senin 4 Juli 2022, situasi gelombang dinyatakan aman.

“Pasca kejadian kami langsung berkoordinasi dengan RT dan RW serta P2BK BPBD Kecamatan Palabuhanratu serta mengunjungi lokasi kejadian untuk membantu evakuasi dan mendata jumlah korban hingga bangunan terdampak,” ujar Hendri. 

Menurut Hendri, akibat kejadian ini terhitung kerugian yang diderita warga kurang lebih Rp 20 Juta.

Terpisah, Sekretaris RT 01/32 Kampung Rawakalong, Indri mengatakan, usai kejadian pihaknya langsung berkoordinasi dengan kelurahan, Pol Airud Polres Sukabumi dan Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi.

“Dari Dinsos besok [Selasa 5 Juli 2022] akan ada bantuan sementara berupa sembako bagi warga yang rumahnya terdampak,” ujarnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat12 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Darah Tinggi

Bagi penderita penyakit darah tinggi, beberapa sayuran ternyata memiliki dampak buruk. Karenanya, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mereka.
Ilustrasi - Dampak buruk sayuran bagi penderita penyakit darah tinggi. (Sumber : Pexels/Sarah Chai).
Jawa Barat12 Mei 2024, 10:01 WIB

Temu Rembug LP3H EWI Kota Bandung dengan Pengurus Provinsi Jabar

Formatur Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Kota Bandung melaksanakan temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat
LP3H EWI Kota Bandung Temu Rembug dengan Pengurus Provinsi Jawa Barat | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 10:00 WIB

Tawa Dibalik Duka: 9 Ciri Seseorang yang Hidupnya Memiliki Luka Batin

luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku.
Ilustrasi - luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku. (Sumber : unplash/@Danie Franco)
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:38 WIB

Ini Daftar 11 Korban Meninggal dan 17 Luka Berat Kecelakaan Bus Perpisahan SMK Depok

Berdasarkan data yang diperoleh dari kepolisian, tercatat 12 orang yang tewas dalam kecelakaan bus itu. 11 dari rombongan dalam dan 1 korban seorang pengendara sepeda motor
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu, 11 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:05 WIB

Kecelakaan Maut Bus Rombongan SMK Depok: Dilaporkan 11 Korban Tewas

Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang.
Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang. (Sumber : Istimewa).
Sehat12 Mei 2024, 09:00 WIB

Asam Urat yang Mengancam Sendi: Penyebab, Gejala, dan 6 Cara Jitu untuk Mencegahnya

Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa.
Ilustrasi - Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa. (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi12 Mei 2024, 08:38 WIB

Jembatan Cibodas Rusak, DPRD Sukabumi Segera Komunikasi dengan Dinas Terkait

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Nandar turut melakukan peninjauan bersama anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan, ke lokasi Jembatan Cibodas yang membentang di atas Sungai Cibodas, Kecamatan Curugkembar.
Nandar, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (Fraksi PKB) | Foto : Ragil Gilang
Sehat12 Mei 2024, 08:00 WIB

Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Ilustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Life12 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan.
Ilustrasi - Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Science12 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 12 Mei 2024, Waspada Hujan di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya.
Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Freepik