Light Dark

SCADA, Perumdam TJM Sukabumi Mulai Komputerisasi Pengelolaan Air Bersih

Komputer | 04 Jul 2022, 14:40 WIB
Tim Perumdam TJM Sukabumi. System Supervisory Control And Data Acquisition atau SCADA akan digunakan untuk mencapai tujuan ini, salah satunya di Water Treatment Plant (WTP) Cabang Cikembar pada tahun 2022 ini. | humas Perumda TJM

SUKABUMIUPDATE.com -  Untuk meningkatkan kualitas layanan pengelolaan air bersih bagi warga, Perumdam TJM (Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri) Kabupaten Sukabumi akan mulai menerapkan digitalisasi. System Supervisory Control And Data Acquisition atau SCADA akan digunakan untuk mencapai tujuan ini, salah satunya di Water Treatment Plant (WTP) Cabang Cikembar pada tahun 2022 ini. 

Direktur Teknik Perumdam TJM, Iyus Sugiarto, menjelaskan bahwa SCADA adalah sistem kendali industri berbasis komputer yang dipakai untuk pengontrolan suatu proses. Salah satunya dalam bidang pengolahan air yang berfungsi untuk menghitung debit air, mengetahui tolak ukur debit air, pengendalian jarak jauh, serta pengecekan kualitas air. 


Advertisement

Baca Juga :

“Di era digital saat ini, Perumdam TJM berupaya untuk mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan menggunakan system SCADA tahun 2022 pada pengolahan air, jelas Iyus dikutip dari rilis tim humas Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi, Senin 4 Juli 2022.

Tujuannya lanjut Iyus, agar efektif, efisien, dan ekonomis. "Saya harap, dengan adanya WTP berbasis komputerisasi ini, Perumda dapat membuat system sendiri untuk WTP WTP lainnya."

photoDirektur Teknik Perumdam TJM, Iyus Sugiarto - (humas Perumda TJM)


Advertisement

Kepala Bagian Produksi Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi Ida Darmawati menambahkan bahwa pengoperasian SCADA dalam pengolahan air berfungsi sebagai penghitungan debit air, pengecekan kualitas air yang lebih terkendali, pengendali bahan baku produksi agar lebih efisien yang didorong dengan SDM yang berkualitas. 

"WTP pertama yang akan diuji coba adalah WTP Cabang Cikembar. Output yang saya harapkan, agar pengolahan air di Perumdam TJM dapat lebih cepat terkendali apabila terjadi trouble,” ujar Ida.

Baca Juga :

Optimalisasi dan peningkatan kinerja kualitas produksi menjadi bagian lainnya dari kemanfaatkan SCADA dalam pengelolaan air bersih. “Dengan adanya program system SCADA, diharapkan mampu mendongkrak kinerja karyawan dan mengoptimalkan kualitas pengolahan air di Perumdam TJM,” kata Kepala Bagian Perawatan, Andri Setiawan.

SUMBER: Humas Perumdam TJM (Serra Sondari Parta, S.ST/Syarifa Renisa Hanum, S.H)

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur