Light Dark

Izinkan Ganja untuk Penelitian Medis, Menkes: Regulasinya Segera Keluar

Sehat | 04 Jul 2022, 13:36 WIB
(Foto Ilustrasi) Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kementerian Kesehatan memberikan izin ganja untuk dilakukan penelitian medis. | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kementerian Kesehatan memberikan izin ganja untuk dilakukan penelitian medis. Namun, Budi dengan tegas mengatakan ganja untuk konsumsi tetap dilarang.

“Kalau selama ganja dipakai untuk penelitian medis, itu kita izinkan. Tapi bukan untuk dikonsumsi,” katanya mengutip dari Jabarnews lewat suara.com, Senin (4/7/2022).


Advertisement

Ditambahkan Budi, penelitian ganja diizinkan arena sama halnya dengan tumbuhan-tumbuhan lain. Menurutnya, regulasi itu akan mengacu pada hasil kajian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait penggunaan ganja untuk medis.

“Kami sudah melakukan kajian. Nanti, sebentar lagi, akan keluar regulasinya untuk kebutuhan medis,” ucapnya.

Sebelumnya, Polri mengatakan tahapan untuk melegalkan ganja untuk kepentingan medis ada di ranah Kemenkes.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol Krisno Halomoan Siregar mengatakan wacana melegalisasikan ganja medis perlu persetujuan Menteri Kesehatan dan rekomendasi BPOM.


Advertisement

“Usulan untuk melegalkan ganja untuk kepentingan medis harus melalui proses persetujuan Menteri Kesehatan atas rekomendasi BPOM sebagaimana bunyi Pasal 8 ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009,”

Sementara Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada serta Pakar Farmakologi dan Farmasi Klinik UGM, Prof. Apt. Zullies Ikawati, Ph.D., berdapat ganja medis bisa menjadi alternatif obat apabila pengobatan sebelumnya tidak memberikan respons baik, sehingga penggunaan ganja medis belum menjadi pilihan utama.

"Urgensi ganja medis pada dunia medis sebenarnya tidak besar, lebih kepada memberikan alternatif obat, terutama jika obat-obat yang sudah ada tidak memberikan efek yang diinginkan," kata Zullies.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur