Ragam Pendapat Warga Sukabumi Soal Registrasi MyPertamina Hari Ini

Jumat 01 Juli 2022, 14:02 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Sukabumi mulai melakukan pendaftaran MyPertamina lewat website subsiditepat.mypertamina.id pada hari pertama sosialisasi atau Jumat (1/7/2022). Ini merupakan mekanisme baru penyaluran Bahan Bakar Minyak BBM bersubsidi Pertalite dan Solar untuk kendaraan roda empat.

Driver mobil online, Sabar (50 tahun), mengaku sengaja datang ke SPBU Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, untuk mencoba mendaftarkan kendaraannya yang berjenis Suzuki Karimun. Diketahui, di SPBU Tipar didirikan booth sosialisasi dan bantuan pendaftaran oleh PT Pertamina (Persero) Sukabumi.

"Tadi coba daftar, tapi belum berhasil. Kayaknya banyak yang pakai (mengakses website). Mungkin nanti di rumah atau lagi santai sambil menunggu orderan coba daftar lagi," kata dia. Meski ribet, Sabar tak ada pilihan selain mengikuti kebijakan ini. "Kalau enggak ikut kan enggak bisa isi BBM," tambah Sabar.

Budi (63 tahun), pengguna mobil Toyota Avanza ini mengaku berhasil mendaftar di subsiditepat.mypertamina.id. Namun, Budi menilai kebijakan ini akan menyulitkan warga yang punya mobil, tetapi tidak memiliki handphone android. Di sisi lain, Budi setuju penertiban BBM subsisi agar tepat sasaran.

"Ini kan ada hubungannya dengan pasokan dunia, jadi maklumi juga. Tadi sudah daftar. Katanya bisa kapan pun daftarnya," kata dia.

Sales Branch Manager Pertamina Sukabumi Andi Arifin mengatakan pemicu warga kesulitan melakukan pendaftaran di website karena tingginya antusias warga yang mendaftar. "Ada beberapa kendala kita akui. Hari ini mungkin orang panik daftar semua. Nanti bisa refresh daftar lagi. Tidak mesti hari ini," ucap Andi.

Baca Juga :

Daftar MyPertamina Dimulai Hari Ini di Kota Sukabumi, Tak Perlu Bawa HP ke SPBU

Sebelumnya, Zia Ardhi sebagai Sales Area Manager Retail Sukabumi PT Pertamina (Persero) mengatakan pada Jumat ini masih fokus dalam tahap sosialisasi dan pendaftaran sampai nanti dievaluasi dan dinyatakan siap untuk diterapkan. "Saat ini kita fokus sosialisasi dan pendaftaran, belum ada program selanjutnya," kata dia.

Mengutip laman www.pertamina.com, sesuai Peraturan BPH Migas Nomor 06 Tahun 2013, penggunaan sistem teknologi IT dalam penyaluran BBM dapat dilakukan. Mulai 1 Juli 2022, uji coba pendaftaran melalui website MyPertamina yakni subsiditepat.mypertamina.id dilakukan, salah satunya di Kota Sukabumi.

Pada tahap ini, pendaftaran fokus untuk melakukan pencocokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki. Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan QR Code Unik yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website subsiditepat.mypertamina.id.

Untuk kemudahan masyarakat, QR Code bisa di-print out dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mendownload aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU. Mekanisme ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat (mobil) alias belum diterapkan bagi kendaraan sepeda motor.

"Dimulai pada 1 Juli pendaftaran akan dibuka hingga 30 Juli 2022. Pada masa pendaftaran dan transisi ini, masyarakat masih tetap bisa membeli Pertalite dan solar, namun kami tetap mendorong masyarakat agar mendaftarkan kendaraan dan identitasnya. Kami juga tegaskan kembali, tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, namun wajib mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id, dan ini khusus untuk kendaraan roda empat," kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 15:03 WIB

Kunjungi Kalaju di Surade Sukabumi, Drh Slamet Dorong Kesejahteraan Nelayan

Kunjungan ini adalah dalam rangka supervisi persiapan pelaksanaan program Kalaju.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet (paling kiri) saat mengunjungi Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi25 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/pressfoto)
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)