Light Dark

Penolakan Israel Lolos Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, PSSI Beri Tanggapan

Bola | 30 Jun 2022, 00:00 WIB
Sekjen PSSI, Yunus Nusi beri tanggapan soal penolakan Timnas Israel yang berhasil lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia | PSSI

SUKABUMIUPDATE.com - PSSI beri tanggapan soal Timnas Israel yang berhasil lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia menuai penolakan dari beberapa pihak.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi kembali mengingatkan olahraga, khususnya sepakbola, harus jauh dari unsur politik.


Advertisement

Melansir dari Suara.com, Israel mendapat tiket Piala Dunia U-20 2023 usai melaju ke semifinal Piala Eropa U-19 2022. Mereka menduduki urutan kedua Grup B dengan koleksi empat poin, di bawah Inggris.

Baca Juga :

Bahkan, mereka sukses melaju ke final Piala Eropa U-19 setelah mengalahkan Prancis. Lolosnya Israel ini menimbulkan polemik tersendiri.

Sebab, Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik. Selain itu, aksi Israel terhadap Palestina banyak ditentang warga Indonesia.


Advertisement

Yunus Nusi menjelaskan sepakbola harus jauh dari unsur politik, agama, dan ras. Menurutnya, seluruh asosiasi sepakbola di dunia telah sepakat mengenai hal tersebut.

“Universal, sepakbola harus dijauhkan dari politik, agama, dan ras. Itu sudah komitmen seluruh asosiasi dunia," kata Yunus Nusi saat berbicara di kanal YouTube PSSI, Rabu (29/6/2022).

"Kami hindari hal-hal nuansa politik, sara, termasuk Israel lolos sebagai peserta Piala Dunia U-20 2023,” terang mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu.

Mengenai hal ini, Yunus mengaku sudah berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk soal unsur keamanan. Ada wacana Timnas Israel U-20 bakal mendapat grup khusus yang bermain di Pulau Bali pada Piala Dunia U-20 tahun depan.

photoTimnas sepakbola Israel U-19 menjadi tim kelima yang lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 - (Instagram/@israel_football_association)

"Terlepas akan di Bali atau di daerah lain, kami akan komunikasikan lagi. Kami sudah sampaikan kepada pemerintah dan kepolisian tentang ini," ungkapnya.

"Kami harap tak ada masalah, ini sepakbola bukan politik, tontonlah mereka sebagaimana manusia di bumi ini," pungkasnya.

Adapun Piala Dunia U-20 akan bergulir pada 20 Mei sampai dengan 11 Juni tahun depan. Ada enam venue yang telah disiapkan di Indonesia.

Stadion tersebut adalah Gelora Bung Karno (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran