Mengenal Holil, Pelari Sukabumi Sang Juara Indonesia International Marathon

Rabu 29 Juni 2022, 11:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Usia yang tak lagi muda, bukan penghalang bagi Holil (51 tahun) untuk terus berprestasi. Dia adalah pelari marathon asal Kampung Cicurug RT 06/02 Desa Cikembang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, yang banyak meraih juara di beberapa ajang.

Holil mengawali karier sebagai pelari sejak 1989. Semula dia hanya mengikuti kejuaraan antar kelas saat menginjak bangku kelas 2 tingkat SMA atau usia 18 tahun. Selain berlatih secara autodidak tanpa bantuan pelatih, Holil juga harus konsisten mengatur nutrisi untuk tubuhnya.

"Saya menyukai olahraga ini karena mudah dilakukan dan tidak membutuhkan alat-alat tertentu," kata Holil kepada sukabumiupdate.com, Rabu (29/6/2022).

Sebelum mengikuti suatu event, Holil biasanya melakukan persiapan yang disesuaikan dengan jarak dari event tersebut. Salah satunya melakukan lari jauh sebanyak tiga kali dalam sepekan. Holil mulai mengikuti event marathon sejak 2014 yakni di Jakarta Marathon.

"Saya mulai mengikuti event marathon sejak tahun 2014 di event Jakarta Marathon dan meraih juara 1 dalam event tersebut," ucap dia.

Sudah delapan kali Holil meraih juara di dunia marathon. Juara 1 empat tahun berturut-turut Jakarta Marathon usia 40 tahun ke atas dengan jarak 42 kilometer yakni pada 2014 hingga 2017. Pada 2018 juara 2 Elektrik Jakarta Marathon kategori 40 tahun ke atas jarak 42 kilometer.

Selanjutnya, Holil juga juara 1 tahun 2018 dan juara 2 tahun 2019 dalam ajang May Bank Marathon kategori 40 tahun ke atas dengan jarak 42 kilometer. Kemudian yang terbaru, Holil berhasil menjadi juara 3 dalam event Indonesia International Marathon tahun 2022 di Bali.

Baca Juga :

Indorunners Sukabumi dalam Jabar International Marathon 2021 Virtual

Mengutip lariku.info, Indonesia International Marathon merupakan ajang lomba lari yang pelaksanaannya menerapkan standar penyelenggaraan lomba dari World Athletics-AIMS, yang diinisiasi Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI dan melibatkan Race Director dan Race Measurer terbaik.

Berkonsep sport tourism, event ini akan diadakan setiap tahun di salah satu destinasi wisata Indonesia. Dengan lokasi yang berbeda tiap tahunnya, lomba akan memberikan tantangan tersendiri, menawarkan pengalaman baru, dan menghadirkan panorama Indonesia kepada dunia.

Bali dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Indonesia International Marathon pertama yang digelar pada 26 Juni 2022. Ada empat kategori dalam event ini yakni full marathon 42 kilometer, half marathon 21 kilometer, jarak lari 10 kilometer, dan jarak lari 5 kilometer.

Holil meraih juara 3 dalam kategori full marathon 42 kilometer dengan usia di atas 40 tahun bernomor dada 4139 dengan catatan waktu 03.04.15.

Bergabung dengan komunitas Indo Runners Sukabumi, juga membuat Holil mendapatkan dukungan saat mengikuti event Ciremai Duo Ultra 120 kilometer ke Cirebon dan meraih posisi 3. Ia berharap ke depan olahraga lari dapat semakin diminati masyarakat dan mendapat perhatian pemerintah.

"Sehingga bisa menghasilkan atlet yang berpotensi," katanya. Selama ini Holil selalu mengeluarkan biaya sendiri untuk mengikuti event-event marathon tanpa adanya bantuan dari pihak lain.

REPORTER: CRP/GIANNI FATHIN RABBANI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 18:09 WIB

Disingkat Berkah, Motto Camat Baru Waluran Sukabumi Dongkrak Potensi Alam

Pemerintah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi menggelar halal bihalal dan pisah sambut dari camat lama Ali Murtado ke camat baru Supendi, di aula kantor Kecamatan Waluran, Kamis (25/4/2024)
Pisah sambut camat Waluran Kabupaten Sukabumi dari Ali Murtado ke Supendi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi25 April 2024, 18:08 WIB

Rapat Dinas dan Halal Bihalal, Dinkes Sukabumi Perkuat Kerjasama Tingkatkan Layanan

Rapat Dinas dan Halal Bihalal Dinkes Kabupaten Sukabumi ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kadinkes Kabupaten Agus Sanusi saat menyampaikan arahan dalam rapat dinas sekaligus halal bihalal yang dibuka Bupati Marwan Hamami. (Sumber : SU/Ilyas)
Life25 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Nabi Sulaiman untuk Memohon Dibukakan Pintu Rezeki dan Kekayaan

Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT.
Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT. | Sumber: Freepik.com
Sukabumi25 April 2024, 17:33 WIB

Aksi Protes di PT GSI Bubar, Kades Bojongraharja Beri Jaminan Soal Pungli Tenaga Kerja

Kepala Desa Bojongraharja, Henhen Suhendar mengatakan, warga yang melakukan aksi demonstrasi ini, lantaran mereka merasa kecewa dengan pihak perusahaan.
Kades Bojongraharja, Henhen Suhendar usai menemui warga yang protes pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sehat25 April 2024, 17:30 WIB

Apakah Kopi Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Penjelasannya!

Dengan memahami secara mendalam manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi kopi, pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang pola konsumsi kopi mereka dan menjaga kesehatan mereka tetap optimal.
Ilustrasi. Kopi. Sumber : pixabay/buavit66
Sukabumi25 April 2024, 17:24 WIB

Hadapi Polemik PT GSI Vs Warga. Disnakertrans Sukabumi Kembali Tak Hadir

Koordinator Aksi Dede Raka menyebut hingga saat ini belum melihat pergerakan dari Disnaker sehingga memaksa warga untuk berjuang sendiri.
Warga protes pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar (Sumber: su/awal)
Sukabumi25 April 2024, 17:17 WIB

Protes Pungli Tenaga Kerja, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II i Depan GSI Cikembar

kali ini warga melakukan aksi blokade ruas Jalan Provinsi, tepatnya di depan bundaran pintu masuk PT GSI Cikembar, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sukabumi25 April 2024, 17:10 WIB

Isu Pungli Di PT GSI Sukabumi Merebak, Seret Sejumlah Petinggi Perusahaan

Aksi demonstrasi dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Bojongraharja Memanggil (GBM) buntut dugaan pungli hingga menyeret sejumlah petinggi perusahaan.
Aksi warga protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar Sukabumi (Sumber: su/awal)
Musik25 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi

"Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi". Lagu Sampai ke Bintang Asmidar yang kini viral yakni digunakan sebagai backsound video galau dan sedih di aplikasi TikTok hingga Instagram.
Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi (Sumber : YouTube/Asmidar)
Life25 April 2024, 16:30 WIB

9 Cara Agar Tidak Mudah Bosan Saat di Rumah, Ini yang Harus Dikerjakan

Artikel ini akan membahas berbagai ide untuk membantu Anda mengatasi kebosanan dan menemukan kegiatan yang menyenangkan.
Ilustrasi. Bermain dengan keluarga di rumah untuk mencegah rasa bosan. Sumber : pixabay/kloow99