Food Fotografer Ini Bagikan 10 Tips Agar Fotografi Makanan Lebih Menarik

Selasa 28 Juni 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Food fotografi saat ini banyak digemari, banyak juga masyarakat yang mampu menghasilkan foto-foto yang estetik dan menarik untuk diposting di media sosial. Selain itu, fotografi makanan sendiri juga saat ini sudah dilakukan oleh berbagai UMKM untuk membuat produknya menjadi lebih menarik.

Melansir dari Suara.com, menurut Fotografer Makanan Silva Sandriarini, untuk menghasilkan foto makanan yang baik dan indah dipandang membutuhkan trik-trik khusus.

Berikut beberapa tips dan trik menurut Silva Sandriarini untuk membuat foto makanan menjadi menarik.

Baca Juga :

1. Tentukan konsep

Silva Sandriarini mengatakan, untuk memperindah foto makanan yang dihasilkan bisa juga menambahkan beberapa properti tambahan. Properti tersebut juga bisa menambah unsur estetik dalam foto.

Namun, properti yang digunakan itu jangan terlalu berlebihan sehingga menutupi makanan. Usahakan sesuai dengan komposisi foto yang akan dibuat.

“Tambahin berbagai properti, buat konsep fotonya itu akan menjadi lebih menarik dalam foto, jadi memang terlihat apa yang mau ditonjolkan, lalu tampah properti sesuai konsep tersebut” ucap Silva dalam webinar ”BincangShopee 7.7 Mega Elektronik Sale: Gugah Selera Lewat Kreasi Konten Makanan”, Selasa (28/06/2022)

2. Perbanyak inspirasi

Untuk bahan referensi konsep dan pengambilan foto, bisa melihat dari karya orang lain. Namun, bukan meniru semua unsur yang ada, tetapi melihat inspirasi lalu dituangkan dengan ide dan konsep sendiri.

3. Gambarkan set foto

Set foto sangat perlu diperhatikan dalam fotografi makanan. Hal ini akan mengetahui letak makannya berada di mana, lalu properti ada pada bagian mana. Dengan begitu, fotografer dapat mengetahui sudut pandang (angle) yang bagus untuk mengambil foto tersebut.

photo(Ilustrasi) Makanan - (Freepik)</span

4. Gunakan cahaya tambahan

Terkadang, cahaya dalam ruangan kurang mendukung untuk menghasilkan foto yang bagus. Dengan ini, fotografer dapat menggunakan cahaya tambahan untuk menyorot makanan tersebut. Cahaya tambahan tersebut juga aka  membuat makanan menjadi lebih hidup dan menggunggah selera.

5. Pahami cahaya alami

Jika tidak memiliki alat cahaya tambahan, seseorang harus bisa memahami cahaya alami. Lihat juga arah cahaya yang masuk. Hal tersebut akan membentuk bayangan terhadap makanan sehingga lebih hidup.

Pencahayaan yang kurang bisa karena letak foto tersebut diambil. Oleh karena itu, seseorang dapat mengambil foto makanan dekat dengan jendela atau pintu dengan pencahayaan yang cukup.

6. Hindari gunakan flash dari depan

Menggunakan flash dari depan hanya akan membuat makanan tidak menarik. Selain itu, penggunaan flash juga membuat set makanan tersebut tidak terlalu tampak.

7. Manfaatkan bayangan

Silva mengatakan, bayangan pada foto akan memuat dimensi sehingga makanan terlihat lebih hidup dan mengguggah selera. Bayangan ini sendiri juga terbentuk tergantung fotografer meletakkan pencahayaannya (lighting).

8. Jangan Terpaku pada aturan

Dalam beberapa teori terkadang ada aturan untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak foto. Namun, Silva menuturkan untuk tidak memikirkan aturan tersebut. Ia mengatakan, cobalah mengambil foto tanpa terlalu memikirkan aturan yang ada.

“Pokoknya foto aja enggak usah terlalu mikirin aturan, yang penting buat,” ucapnya.

9. Edit foto seperlunya

Bagi beberapa orang terkadang ragu untuk mengedit foto miliknya. Hal ini karena takut dinilai foto yang dibuat tidak natural.

Namun, Silva mengatakan untuk tidak ragu dalam melakukan edit pada foto yang dihasilkan. Hal ini karena foto bisa menjadi lebih menarik dan hidup setelah diedit.

10. Perbanyak latihan

Latihan akan membuat seseorang menjadi terbiasa. Dengan latihan juga bisa menjadi evaluasi dari foto-foto yang telah dihasilkan sebelumnya. Untuk itu, sangat perlu latihan yang rutin agar foto yang dihasilkan semakin membaik ke depannya.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)