Light Dark

Warga Sukabumi Wajib Tahu! Ini Cara Mengecek Hewan Ternak yang Terpapar PMK

Sehat | 27 Jun 2022, 19:13 WIB
Penyuntikkan vaksin PMK pada hewan ternak milik masyarakat di peternakan di Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Senin (27/6/2022). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Hasan Basri, menuturkan sejumlah ciri Hewan Ternak yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK.

"Pertama lihat penampakan fisik. Biasanya hewan yang sudah terserang PMK di bagian mulutnya seperti ada luka-luka dan sedikit berbusa serta ada lendir berlebih di bagian mulut dan hidungnya," kata Hasan Basri pada sukabumiupdate.com, Senin (27/6/2022). 


Advertisement

"Lihat juga kakinya, biasanya [yang sudah terpapar PMK] muncul luka di sekitar kuku dan kaki hewan," ujar Hasan.

Baca Juga :

Menurut dia, kalau sudah terlihat ciri itu maka 90 persen Hewan Ternak tersebut sudah kena PMK. "Dan kalau kita bawa termometer suhunya itu di atas 39 derajat celcius, hindari hewan itu,” ujarnya.

Hasan juga memberi tips bagi masyarakat yang ingin memastikan daging yang dibeli atau diterima dari kurban steril dari virus.


Advertisement

"Minimal dimasak pada suhu 70 derajat celcius selama setengah jam, itu untuk mematikan virus yang ada di daging,” ujarnya.

Ia juga tidak menyarankan masyarakat menyimpan daging di freezer apalagi jika daging tersebut berasal dari hewan yang telah terpapar PMK. 

“Amannya ketika membeli daging atau mendapat daging itu langsung dimasak saja," pungkasnya.

Image

Billie

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur