Light Dark

Pembeli Turun Imbas Cabai Naik, Pedagang di Sukabumi: Jual 5 Kg pun Sulit

Keuangan | 27 Jun 2022, 18:38 WIB
Aktivitas pedagang di Pasar Gudang Kota Sukabumi, Senin (27/6/2022). Pedagang mengeluhkan turunnya pembeli imbas dari naiknya harga cabai. | CRP/Gianni Fathin Rabbani

SUKABUMIUPDATE.com - Pedagang di Sukabumi mengeluhkan turunnya penjualan Cabai imbas dari kenaikan harga cabai. Pedagang pun hanya menjual beberapa jenis Cabai saja untuk menekan kerugian. 

"Saat ini saya hanya menjual 3 jenis Cabai saja, yaitu Cabai hijau kecil, Cabai rawit merah dan cabai merah," ujar Dedi (40 tahun), pedagang di Pasar Gudang Kota Sukabumi kepada, Senin (27/6/2022). 


Advertisement

Baca Juga :

"Untuk harga Cabai hijau kecil Rp 80 ribu dari Rp 30 ribu per Kg, Cabai rawit merah Rp 100 ribu dari Rp 30 dan 40 ribu per Kg sedangkan Cabai merah Rp 80 ribu dari Rp 40 ribu per Kg," tutur Dedi.

Dedi memilih menjual 3 jenis Cabai itu karena yang banyak dicari pembeli. Sedangkan jenis Cabai lainnya seperti Cabai hijau besar, cabai hijau keriting, cabai merah keriting tidak dijual sebab sepi pembelinya sehingga cabainya akan busuk tak terjual.

"Sebelumnya saya bisa menjual 10 Kg sampai 15 kg perhari untuk semua jenis cabai, kalau sekarang hanya 5 kg itu pun sulit," ujar Dedi.


Advertisement

Selain cabai, harga bawang merah ikut naik dari Rp 24 ribu menjadi Rp 50 ribu per Kg.

Pedagang berharap pemerintah memberikan solusi atau jalan keluar dari kenaikan harga-harga tersebut. "Harapan saya harga ingin stabil agar bisa terjangkau oleh masyarakat, agar saya bisa menjual dengan lancar kalau harganya stabil," ujar Dedi.

REPORTER: CRP/GIANNI FATHIN RABBANI

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur