Light Dark

Gunakan High Heels Saat Kendarai Motor Tidak Disarankan, Ini Alasannya

Motor | 27 Jun 2022, 15:45 WIB
(Ilustrasi) Dua alasan kenapa sepatu high heels sangat berbahaya digunakan untuk berkendara motor | Shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Selain tidak disarankan menggunakan sandal jepit saat mengendarai sepeda motor, ternyata menggunakan High Heels atau sepatu hak tinggi juga tidak direkomendasikan karena beberapa alasan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Muhammad Ali Iqbal selaku Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta seperti melansir dari Mobimoto.com (portal Suara.com).


Advertisement

Ali membeberkan alasan keamanan saat berkendara Motor menggunakan sepatu high heels.

Baca Juga :

Sepatu yang aman digunakan untuk berkendara sebaiknya menutup mata kaki dan juga ada hak/leveling pada sepatu. Sedangkan untuk penggunaan sepatu High Heels sangat berbahaya.


Advertisement

Ia membeberkan dua alasan kenapa sepatu High Heels sangat berbahaya digunakan untuk berkendara motor. Berikut alasannya:

photo(Ilustrasi) Mengendarai motor - (Pixabay Trinity_Elektroroller)

  1. Saat berhenti butuh pijakan kaki yang kuat dengan telapak kaki. Apabila menggunakan heels maka pijakan kaki tidak kuat karena hanya bagian ujung kaki yang berpijak.
  2. Saat berkendara, postur tubuh harus serileks mungkin untuk mencegah cepat lelah saat berkendara. Begitu juga dengan bagian kaki harus rileks dengan tapak kaki menapak seluruhnya.

"Sepatu safety dengan sepatu heels itu berbeda meski sama-sama ada levelnya 1-2 cm. Namun sepatu heels bagian depan menyempit dan mata kaki tidak tertutup oleh tinggi sepatu. Hal inilah yang membuat penggunaan sepatu heels dilarang untuk berkendara," ujar Muhammad Ali Iqbal.

Jadi, pemotor disarankan menggunakan sepatu yang biasa saja khususnya yang menutup mata kaki.

SUMBER: MOBIMOTO.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran