Light Dark

Bingung Cari Golok untuk Kurban? Perajin di Cibatu Sukabumi Beri Tips Ini

Sukabumi | 26 Jun 2022, 13:10 WIB
Salah satu golok untuk menyembelih hewan kurban buatan Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. | Sukabumiupdate.com/CRP-Gianni Fathin Rabbani

SUKABUMIUPDATE.com - Golok sembelih menjadi salah satu instrumen penting saat Hari Raya Idul Adha. Pasalnya, alat khusus ini digunakan masyarakat untuk memotong hewan kurban. Termasuk di Sukabumi.

Hari Anwari (29 tahun), perajin Golok asal Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, memberikan sejumlah tips cara memilih Golok sembelih yang tepat untuk memotong hewan kurban saat Iduladha.


Advertisement

Baca Juga :

Pertama, pilih Golok dengan bahan Bohler K110 Germany atau baja selap asli Cibatu. Kedua, pilih Golok dengan teknik pengasahan baik, tanpa rolling, terutama penyepuhan bilah full hardening atau manual sepuh.

"Ketiga, gunakan Golok berukuran 27 sentimeter untuk memotong kambing atau domba dan 40 sentimeter untuk sapi. Tergantung kebutuhan, namun tebal bilah Golok 4 milimeter," katanya, Ahad (26/6/2022).


Advertisement

Sisi ketajaman menjadi salah satu hal yang juga bisa diperhatikan oleh masyarakat awam saat akan membeli golok. Ini bisa dilihat dari testimoni yang sudah memakai atau bentuk Golok yang melengkung ke arah luar.

REPORTER: CRP/GIANNI FATHIN RABBANI

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur